Ini Amalan Pengganti Puasa Enam Hari di Bulan Syawal

0
596

BincangSyariah.Com – Ketika kita selesai melaksanakan puasa di bulan Ramadhan, maka kita dianjurkan untuk menyempurnakannya dengan melakukan puasa enam hari di bulan Syawal. Namun sebagian dari kita ada yang tidak bisa melakukan puasa enam hari di bulan Syawal, baik karena sibuk bekerja atau lainnya. Ketika kita tidak bisa melakukan puasa enam hari di bulan Syawal, adakah amalan penggantinya? (Baca: Anjuran Puasa Enam Hari di Bulan Syawal)

Berdasarkan sebuah hadis, kita dianjurkan untuk melakukan puasa enam hari di bulan Syawal setelah melaksanakan puasa di bulan Ramadhan. Melakukan puasa enam hari di bulan Syawal setelah melakukan puasa di bulan Ramadhan pahalanya sama dengan berpuasa satu tahun penuh. Hadis dimaksud diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Ayyub, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Barangsiapa yang melakukan puasa di bulan Ramadhan kemudian mengkutinya dengan berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia layaknya seperti berpuasa setahun penuh.

Menurut sebagian ulama, alasan berpuasa enam hari di bulan Syawal setelah berpuasa di bulan Ramadhan pahalanya sama dengan berpuasa satu tahun penuh adalah karena satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Karena itu, berpuasa di bulan Ramadhan selama tiga puluh hari menyamai pahala sepuluh bulan puasa, kemudian puasa enam hari di bulan Syawal setara dengan puasa dua bulan puasa. Jika keduanya digabungkan, maka pahalanya sama dengan berpuasa satu tahun penuh.

Oleh karena itu, menurut Imam Al-‘Izz bin Abdissalam, jika kita tidak bisa berpuasa enam hari di bulan Syawal setelah berpuasa di bulan Ramadhan, maka kita dianjurkan untuk bersedekah kepada tiga puluh enam orang. Bersedakah kepada tiga puluh enam orang, pahalanya sama dengan berpuasa selama satu tahun penuh. Ini sebagai pengganti dari puasa enam hari di bulan Syawal jika kita tidak bisa melakukannya.

Baca Juga :  Benarkah Bulan Syawal Menjadi Bulan Kesunnahan Menikah?

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Hasyiatul Jamal berikut;

وَنَظِيرُهُ مَا قَالَ الْعِزُّ بْنُ عَبْدِ السَّلَامِ فِيمَنْ فَطَّرَ سِتًّا وَثَلَاثِينَ شَخْصًا كَانَ كَمَنْ صَامَ الدَّهْرَ

Persamaan puasa enam hari di bulan Syawal  adalah seperti apa yang dikatakan oleh Al-‘Izz bin Abdissalam, ‘Barangsiapa bersedekah kepada tiga puluh enam orang, maka dia sama seperti berpuasa satu tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here