Ini Alasan Mandi Jumat juga Sunah bagi Wanita

0
160

BincangSyariah.Com –Pada hari Jumat, sejak terbit fajar hingga hingga sebelum berangkat shalat Jumat, seseorang disunnahkan mandi Jumat terlebih dahulu. Umumnya, yang melakukan mandi Jumat ini adalah kaum laki-laki karena mereka hendak melaksanakan shalat Jumat di masjid. Namun bagaimana dengan kaum wanita, apakah mereka juga disunnahkan mandi Jumat?

Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu telah menjelaskan masalah ini. Setidaknya, ada dua pendapat ulama mengenai hukum mandi Jumat bagi wanita.

Pertama, jika wanita tersebut ingin ikut melaksanakan shalat Jumat di masjid, maka disunahkan untuk mandi Jumat. Sebaliknya, jika tidak ingin menghadiri shalat Jumat, maka tidak disunnahkan mandi Jumat baginya. Ini adalah pendapat kebanyakan ulama dan merupakan pendapat yang shahih.

Ini berdasarkan hadis riwayat Imam Al-Baihaqi dari Ibnu Umar, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

مَنْ أَتَى الْجُمُعَةَ مِنَ الرِّجَالِ وَالنِّسَاءِ فَلْيَغْتَسِلْ  وَمَنْ لَمْ يَأْتِهَا فَلَيْسَ عَلَيْهِ غُسْلٌ مِنَ الرِّجَالِ وَالنِّسَاءِ

Siapa yang menghadiri jumatan, baik lelaki maupun wanita, hendaknya dia mandi. Dan siapa yang tidak mendatangi jumatan, maka dia tidak wajib mandi, baik lelaki maupun wanita.

Hadis ini berisi anjuran bagi laki-laki dan wanita untuk mandi Jumat jika hendak melaksanakan shalat Jumat.

Kedua, meskipun wanita tidak hendak melaksanakan shalat Jumat di masjid, dia tetap disunnahkan mandi Jumat. Hal ini karena hari Jumat disamakan dengan hari raya, sehingga setiap Muslim, baik laki-laki maupun perempuan, disunnahkan untuk mandi. Ini adalah pendapat Imam Al-Mutawalli. Dalam kitab Al-Majmu, Imam Nawawi mengatakan;

يُسَنُّ لِكُلِّ أَحَدٍ سَوَاءٌ مَنْ حَضَرَهَا وَغَيْرُهُ ; لِأَنَّهُ كَيَوْمِ الْعِيدِ ، وَهُوَ مَشْهُودٌ مِمَّا حَكَاهُ الْمُتَوَلِّي وَغَيْرُهُ

Disunnahkan (mandi Jumat) baik orang yang hendak menghadiri shalat Jumat dan lainnya. Hal ini karena hari Jumat seperti hari raya. Ini bisa disaksikan dari apa yang dihikayahkan oleh Imam Al-Mutawalli dan lainnya.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here