Ini 3 Wasiat Nabi untuk Sahabat Abu Darda

0
789

BincangSyariah.Com – Istiqamah melakukan ibadah sangat dianjurkan bagi kita. Selain bisa menambal kekuranngsempurnaan ibadah fardu kita, ibadah sunah juga bermanfaat untuk menambah pahala. Sahabat Abu Darda pernah diwasiatkan khusus oleh Nabi saw. untuk melakukan tiga amalan ibadah sunah sebagaimana riwayat Imam Muslim.

عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ رضي الله عنه قَالَ :أَوْصَانِي حَبِيبِي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِثَلَاثٍ لَنْ أَدَعَهُنَّ مَا عِشْتُ : بِصِيَامِ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَصَلَاةِ الضُّحَى ، وَبِأَنْ لَا أَنَامَ حَتَّى أُوتِرَ

Diriwayatkan dari Abu Hurairah yang bercerita, “Orang terbaik bagiku, yaitu Nabi saw, mewasiatkanku tiga yang tak boleh aku tinggalkan sampai aku wafat. Ketiganya adalah puasa tiga hari setiap bulan (puasa ayyamul bidh), shalat dhuha, dan tidur dalam keadaan sudah melakukan shalat witir (HR Muslim)

Selain Abu Darda, sahabat Abu Hurairah juga yang pernah diwasiatkan khusus untuk melakukan tiga hal di atas sebagaimana riwayat Imam Bukhari.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: أَوْصَانِي خَلِيلِي بِثَلاَثٍ لاَ أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ: «صَوْمِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ، وَصَلاَةِ الضُّحَى، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ»

Diriwayatkan dari Abu Hurairah yang bercerita, “Orang terbaik bagiku, yaitu Nabi saw, mewasiatkanku tiga yang tak boleh aku tinggalkan sampai aku wafat. Ketiganya adalah puasa tiga hari setiap bulan (puasa ayyamul bidh), shalat dhuha, dan tidur dalam keadaan sudah melakukan shalat witir (HR Bukhari)

Untuk mengetahui segala hal tentang shalat Dhuha, silakan klik di sini. Selain itu, Anda juga bisa membaca segala hal terkait shalat witir di sini, dan puasa ayyamul bidh di sini.

Baca Juga :  Kapankah Seseorang Mencapai Puncak Keridaan Allah Swt?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here