Imam Tidak Melakukan Takbir Sunah Salat Id, Bolehkah Makmum Melakukan Sendiri?

0
653

BincangSyariah.Com – Semua ulama sepakat bahwa hukum takbir zawaid dalam salat Id adalah sunah, bukan wajib. Artinya, jika dilakukan mendapat pahala dan jika ditinggalkan tidak berdosa dan tidak membatalkan salat Id, baik ditinggalkan karena lupa atau sengaja. Ibnu Qudamah mengatakan dalam kitabnya Almughni;

والتكبيرات والذكر بينها سنة وليس بواجب، ولا تبطل الصلاة بتركه عمدا ولا سهوا، بغير خلاف علمناه

Takbir zawaid dan bacaan zikir antara takbir hukumnya sunah dan tidak wajib. Salat Id tidak batal disebabkan tidak melakukan takbir tersebut, baik disengaja maupun karena lupa, tanpa ada perbedaan para ulama seperti yang kami ketahui.”

Ketika salat Id berjamaah bersama imam, bolehkah makmum melakukan takbir zawaid sendiri ketika imam meninggalkan takbir tersebut?

Disebutkan dalam kitab Alfiqh ‘alal Mazahibil Arba’ah, jika imam salat Id meninggalkan takbir zawaid, maka makmum harus ikut imam. Hal ini dimaksudkan agar makmum tidak berbeda dengan imam.

و اذا ترك الامام تكبيرات الزوائد تابعه الماموم فى تركها

“Jika imam meninggalkan takbir zawaid, maka makmum harus mengikuti imam dengan meninggalkan juga.”

Meski hukum takbir zawaid sunah, namun sangat dianjurkan untuk dilakukan. Jika sengaja ditinggalkan, maka hukumnya makruh. Hal ini karena Nabi saw. selalu melakukan takbir zawaid ketika salat Id. Hal ini sebagaimana dituturkan dalam hadis riwayat Imam Abu Daud dan Ibnu dari Aisyah, dia berkata;

أَنَّ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم كَانَ يُكَبِّرُ فِي الْفِطْرِ وَالأَضْحَى : فِي الأُولَى سَبْعً تَكْبِيرَانِ، وَفِي الثَانِيَةِ خَمْسًاسِوَى تَكْبِيْرَتَيْ الرُّكُوْعِ

“Sesungguhnya Rasulullah saw. bertakbir dalam salat Idulfitri dan Iduladha, pada rakaat pertama sebanyak tujuh kali dan rakaat kedua lima kali, selain dua takbir rukuk.”



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here