Hukum Wudhu di Kamar Mandi

2
9137

BincangSyariah.Com – Pada dasarnya tidak ada ketentuan khusus yang mengatur tempat untuk melakukan praktik berwudhu. Berwudhu boleh dilakukan di mana saja, baik di tempat wudhu, sungai, laut, kamar mandi dan lain sebagainya. Meski demikian, sebaiknya wudhu dilaksanakan di luar kamar mandi terutama di tempat khusus untuk wudhu supaya dapat megucapkan doa dan melaksanakan adab-adab wudhu dengan sempurna.

Syaikh Wahbah al-Zuhaili dalam kitab Alfiqh al-Islami wa Adillatuhu menyebutkan adab-adab yang sangat penting untuk diperhatikan pada saat berwudhu. Dalam mazhab Malikiyah, adab-adab wudhu ini disebut dengan Alfadhail, keutamaan-keutamaan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan sehingga dengan demikian wudhunya bisa sempurna. Syaikh Wahbah mengatakan;

وأهم هذه الآداب ما يأتي:

– استقبال القبلة؛ لأنها أشرف الجهات ولأنها حالة أرجى لقبول الدعاء، واعتبره الحنابلة والشافعية سنة، إذ لم يفرقوا بين السنة والأدب.

– الجلوس في مكان مرتفع؛ تحرزاً عن الغسالة. وقال المالكية : يستحب إيقاع الوضوء في محل طاهر بالفعل، وشأنه الطهارة، فيكره الوضوء في بيت الخلاء أو الكنيف (دورة المياه) قبل استعماله (2) ، كما يكره الوضوءفي غيره من المواضع المتنجسة بالفعل

Adab-adab yang paling penting ketika wudhu adalah sebagai beriktut;

Pertama, menghadap kiblat, hal ini karena kiblat merupakan arah yang paling utama. Juga karena dengan menghadap kiblat, doa akan cepat terkabul. Ulama Hanafiyah dan Syafiiyah memasukkan menghadap kiblat sebagai perbuatan sunah, karena mereka tidak membedakan antara perbuatan sunah dan adab wudhu.

Kedua, Duduk di tempat yang tinggi agar terhidar dari percikan air wudhu. Ulama malikiyah berkata, ‘dianjurkan berwudhu di tempat yang suci dan bersih. Dimakruhkan juga berwudhu di kamar mandi atau aliran air sebelum digunakan, sebagaimana dimakruhkan berwudhu di tempat-tempat yang najis.’

Dalam kitab Tanwirul Qulub, Muhammad Amin al-Kurdi menyebutkan dua belas perkara yang dimakruhkan ketika berwudhu, di antaranya adalah berwudhu di kamar mandi.

ﻭﺃﻣﺎ ﻣﻜﺮﻭﻫﺎﺗﻪ ﻓﺈثنا ﻋﺸﺮ، ﺍﻹﺳﺮﺍﻑ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺎﺀ …… ﻭﻣﺴﺢ ﺍﻟﺮﻗﺒﺔ ﻭﺍﻟﻮﺿﻮﺀ ﻓﻲ ﺑﻴﺖ ﺍﻟﺨﻼﺀ

Di antara makruh-makruhnya wudhu yaitu berlebihan di dalam air…… mengusap leher, berwudhu di kamar mandi.”

Melakukan wudhu di kamar mandi hukumnya sah tapi makruh. Dengan demikian, sebaiknya berwudhu di tempat khusus yang disediakan untuk wudhu atau tempat lain yang bersih dan tidak biasa digunakan untuk buang air besar atau kecil.

2 KOMENTAR

  1. Hadeuh…kok jadi sulit untuk beribadah ya. Klo tdk punya tempat khusus utk berwudhu dan cuma bisa di kmr mandi berwudhunya dikategorikan makruh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here