Hukum Wanita Memikul Jenazah Ke Kuburan

0
988

Dalam kenyataannya jarang dijumpai wanita memikul jenazah ke kuburan. Biasanya jenazah dipikul ke kuburan oleh laki-laki. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan perkara tersebut bisa saja terjadi sehingga mengetahui hukumnya adalah hal yang baik. Pertanyaannya sekarang, bagaimana hukum wanita memikul jenazah ke kuburan, apakah boleh?.

Dalam kitab Al-Majmu’, Imam Nawawi menjelaskan bahwa yang berhak memikul jenazah ke kuburan adalah laki-laki, baik jenazah tersebut laki-laki atau perempuan, sudah dewasa atau jenazah anak kecil. Wanita tidak diperkenankan memikul jenazah ke kuburan karena wanita secara fisik lebih lemah dibanding laki-laki.

Selain itu, dikhawatirkan ada bagian tubuh yang terbuka jika mereka memikul jenazah. Pendapat ini telah disampaikan oleh Imam Syafii dalam kitab Alumm, juga disampaikan ulama Syafiiyah lainnya sebagaimana dikatakan oleh Imam Nawawi berikut;

قال الشافعي في الأم والأصحاب : لا يحمل الجنازة إلا الرجال ، سواء كان الميت ذكرا أو أنثى ولا خلاف في هذا ; لأن النساء يضعفن عن الحمل وربما انكشف منهن شيء لو حملن .

“Imam Syafii berkata dalam kitab Alumm dan ulama Syafiiyah; ‘Tidak boleh memikul jenazah kecuali laki-laki, baik jenazah tersebut laki-laki atau perempuan. Tidak ada perbedaan dalam masalah ini. Hal ini karena lemah untuk memikul dan terkadang ada bagian dari tubuh mereka yang terbuka jika mereka memikul.”

Ulama Syafi’iyah juga menghukumi makruh wanita ikut serta mengantar jenazah ke kuburan, apalagi memikul jenazah. Dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim dari Ummu ‘Athiyah, dia berkata;

نُهِينَا عَنِ اتِّبَاعِ الْجَنَائِزِ ، وَلَمْ يُعْزَمْ عَلَيْنَا

“Kami (para perempuan) dilarang mengiringi jenazah. Namun larangannya tidak terlalu keras bagi kami.”

Dalam hadis ini, Nabi Saw. melarang wanita mengantar jenazah, meskipun larangan tersebut tidak keras. Apabila mengantar saja tidak diperkenankan, maka memikul lebih tidak diperkenankan lagi. Wallahu A’lam.

Baca Juga :  Hukum Memperbaharui Nikah dalam Islam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here