Hukum Umrah bagi Anak Kecil

0
486

BincangSyariah.Com – Saat ini banyak anak kecil yang sudah dibawa ke tanah suci oleh orang tuanya untuk melakukan umrah. Sebenarnya, bagaimana hukum umrah bagi anak kecil, apakah sah? (Baca: Doa Ketika Melihat Hal yang Menakjubkan Saat Melakukan Ibadah Haji dan Umrah)

Dalam Islam, anak kecil belum memiliki kewajiban untuk melaksanakan perintah-perintah agama, seperti shalat, puasa, haji dan umrah, dan lainnya. Meski demikian, jika anak kecil melakukan perintah-perintah agama, seperti shalat, haji dan umrah, menurut kebanyakan ulama, hukumnya adalah sah. Tidak masalah anak kecil melakukan haji dan umrah. (Baca: Doa Sebelum Keluar Rumah untuk Haji atau Umrah)

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Tadzkiratul Fuqaha’ berikut;

يصح الحج والعمرة من الصبي المميز وغير المميز في قول جمهور العلماء ، بل حُكي الإجماع على ذلك

Haji dan umrah hukumnya sah dari anak kecil yang sudah tamyiz maupun anak kecil yang masih belum tamyiz menurut pendapat kebanyakan para ulama. Bahkan disebutkan hal itu sudah disepakati di antara mereka.

Terdapat beberapa hadis yang dijadikan dalil keabsahan anak kecil melakukan haji dan umrah oleh para ulama. Di antaranya adalah hadis riwayat Imam Al-Tirmidzi dari Jabir bin Abdillah, dia berkata;

رَفَعَتِ امْرَأَةٌ صَبِياّ لَهَا إِلَى رَسُوْلِ الِله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَ فَقَالَتْ: يَارَسُوْلَ اللهِ أَلِهذَا حَجٌّ؟ قَالَ: نَعَمْ وَلَكِ أَجْرٌ

Seorang perempuan mengangkat anaknya kepada Rasulullah Saw dan bertanya; Wahai Rasulullah, apakah anak ini dapat melaksanakan haji? Nabi pun menjawab; Iya, dan kamu mendapatkan pahala. (Baca: Doa Ziarah Ke Makam Rasulullah Saat Umrah)

Juga berdasarkan hadis riwayat Imam Malik dari Ibnu Abbas;

انَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَّ بِامْرَأَةٍ وَهِيَ فِي مِحَفَّتِهَا فَقِيلَ لَهَا : هَذَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَخَذَتْ بِضَبْعَيْ صَبِيٍّ كَانَ مَعَهَا . فَقَالَتْ : أَلِهَذَا حَجٌّ يَا رَسُولَ اللَّهِ ؟ قَالَ : نَعَمْ وَلَكِ أَجْرٌ

Baca Juga :  Bolehkah Shalat Witir Secara Berjemaah Selain di Bulan Ramadhan?

Sesungguhnya Rasulullah Saw melewati seorang perempuan yang masih dalam usungannya. Kemudian ada orang berkata padanya; Ini adalah Rasulullah Saw. Perempuan tersebut memegang pundak anak kecil yang bersamanya sambil berkata; Apakah anak ini bisa haji, wahai Rasulullah? Beliau menjawab; Iya, dan kamu mendapatkan pahala.

Kedua hadis di atas menjadi dalil kebolehan dan keabsahan anak kecil melakukan umrah. Meski belum baligh, tidak masalah anak kecil melakukan umrah, dan pahalanya diberikan kepada orang tuanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here