Hukum Ucapkan Salam Saat Hendak Masuk WC

0
461

BincangSyariah.Com – Mengucapkan salam (Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh) kepada saudara muslim adalah anjuran, bahkan Rasul menganjurkan untuk saling mendahului mengucapkan salam saat sesama muslim bertemu. Pun dengan menjawabnya.

Walaupun dianjurkan, tidak semua tempat dan waktu kita mengucapkan salam, salah satunya kamar mandi. Kamar mandi adalah tempat yang -mungkin- kurang baik. Tempat membuang kotoran dan rumah jin. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk membaca doa sebelum masuk kamar mandi.

Lalu bagaimana dengan mengucapkan salam sebelum masuk kamar mandi? Apakah masih disunnahkan?

Menurut Imam an-Nawawi dalam al-Adzkar an-Nawawi-nya, mengucapkan salam sebelum masuk ke kamar mandi, atau mengucapkan salam kepada orang yang berada di kamar mandi hukumnya makruh.

أو كان في حمام أو نحو ذلك من الأمور التي لا يؤثر السلام عليه فيها

“(Salah satu yang dimakruhkan mengucapkan salam adalah) ketika di kamar mandi atau tempat-tempat yang tidak ada dampak dari pengucapan salam di dalamnya.”

Oleh karena itu, walaupun dianjurkan mengucapkan salam, kita juga perlu untuk memperhatikan tempat dan orang yang akan kita salami. Jangan sampai mengucapkan salam kepada orang dan tempat yang tidak tepat.

Wallahu A’lam.

Tulisan ini sudah dipublikasikan di Islami.co

Baca Juga :  Keutamaan Membaca Ayat Kursi setelah Salat Wajib


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here