Hukum Tidur di dalam Masjid

0
854

BincangSyariah.Com – Bagaimana hukum tidur di dalam masjid? Dalam kitab Almajmu, Imam Nawawi menyebutkan bahwa ada beberapa pendapat ulama terkait hukum tidur di dalam masjid. Perinciannya sebagai berikut;

Pertama, boleh dan tidak makruh tidur di dalam masjid. Ini adalah pendapat Imam Syafii sebagaimana beliau tegaskan dalam kitab Alumm. Pendapat ini diikuti oleh kalangan ulama Syafiiyah.

Dalam kitab Alasyraf, Ibnul Munzir mengatakan bahwa Imam Ibnul Musayyab, Atha’, Hasan Albashri dan Imam Syafii memberikan keringanan tidur di dalam masjid. Mereka membolehkan tidur di dalam masjid dan tidak makruh.

Kedua,  masjid tidak boleh dijadikan tempat tidur kecuali karena untuk beribadah. Jika tidur di dalam masjid untuk beribadah, maka tidak masalah. Ini adalah pendapat Ibnu Abbas.

Ketiga, tidur di dalam masjid hukumnya makruh. Ini adalah pendapat Imam Alauza’i. Dalam kitab Sunanul Kubra, Imam Albaihaqi mengatakan;

روينا عن ابن مسعود وابن عباس ومجاهد وسعيد بن جبير ما يدل على كراهيتهم النوم في المسجد

“Kami meriwayatkan hadis dari Ibnu Mas’ud, Ibnu Abbas, Mujahid dan Sa’id bin Jubair yang menunjukkan bahwa mereka semua benci tidur di dalam masjid.”

Keempat, tidur di masjid tidak masalah bagi orang asing seperti musafir dan tidak diperkenankan bagi penduduk setempat. Ini adalah pendapat Imam Malik.

Kelima, tidak masalah tidur di dalam masjid bagi musafir dan sejenisnya. Namun jika dijadikan tempat bermalam, maka tidak boleh. Ini adalah pendapat Imam Ahmad dan Ishaq.

Dari semua pendapat ini, pada dasarnya hukum asal tidur di masjid adalah boleh selama tidak mengotori masjid atau mengganggu kenyamanan jemaah yang hendak beribadah di dalam masjid. Sebaliknya, jika mengotori masjid atau mengganggu kenyamanan jemaah yang hendak beribadah, maka tidak boleh tidur di dalam masjid.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here