Hukum Tarawih 8 Rakaat dengan 2 kali Salam

8
7566

BincangSyariah.com. Para ulama berbeda pendapat atas hukum orang yang melaksanakan tarawih namun tidak salam setiap dua rakaat. Menurut Hanafiyah seandainya shalat tarawih semuanya dengan satu salam dan duduk (istirahat) di setiap dua rakaat maka sah.

Yakni shalat keseluruhannya sah, karena ia telah memenuhi rukun-rukun dan syarat-syarat shalat. Karena memperbaruhi takbiratul ihram setiap dua rakaat tidak disyaratkan untuk mereka.

Tetapi jika sengaja melakukannya berhukum makruh menurut ulama hanafiyah, karena berbeda dengan yang telah diwariskan (yakni dua rakaat satu salam).

Ulama hanafiyah juga mengatakan bahwa jika ia tidak duduk di setiap dua rakaat (yakni ia langsung melaksanakan empat rakaat sekaligus tanpa duduk tasyahud awal atau duduk sebentar di rakaat kedua) lalu ia salam dengan satu salam, maka shalatnya batal menurut Muhammad.

Sedangkan menurut imam Abu Hanifah dan Abu Yusuf tidak batal. Pendapat yang paling shahih adalah boleh melakukan shalat tarawih dengan satu salam.

Adapun menurut Malikiyah, disunahkan shalat tarawih salam setiap dua rakaat dan dimakruhkan mengakhirkan salam di setiap empat rakaat. Seandainya ia (sudah terlanjur) masuk dengan empat rakaat satu salam, maka lebih utama baginya salam setiap dua rakaat.

Sedangkan menurut Syafiiyah, jika shalat tarawih empat rakaat dengan satu salam maka tidak sah, shalatnya batal jika sengaja dan tahu hukumnya. Tetapi jika tidak sengaja dan tidak tahu maka ia menjadi shalat sunah mutlak. Karena shalat tarawih itu tidak mirip dengan shalat fardlu yang dituntut untuk berjamaah, maka jangan diubah apa yang telah ada.

Imam Abu Qasim Alghazi, salah satu ulama Syafiiyah, dalam kitab Fathul Qarib juga menuliskan bahwa shalat tarawih empat rakaat dengan satu salam tidak sah.

Baca Juga :  Klasifikasi Niat Puasa

صلاة التراويح وهي عشرون ركعة بعشر تسليمات في كل ليلة من رمضان وجملتها خمس ترويحات وينوي الشخص بكل ركعتين التراويح أوقيام رمضان ولو صلى أربع ركعات منها بتسليمة واحدة لم تصح ووقتها بين صلاة العشاء وطلوع الفجر

Shalat tarawih berjumlah dua puluh rakaat dengan sepuluh kali salam dalam setiap malam Ramadan, dan jumlahnya lima kali istirahat. Seseorang berniat tarawih atau qiyam Ramadan setiap dua rakaat. Seandainya ia shalat empat rakaat (sekaligus) dengan satu kali salam, maka shalatnya tidak sah. adapun waktunya tarawih adalah antara shalat isya’ dan terbitnya fajar.

Menurut Hanabilah sebagaimana yang dikatakan oleh imam al Mawardi di dalam kitab Al-inshaf dikatakan bahwa yang afdhal di dalam shalat sunah baik di malam dan siang hari dilaksanakan dua-dua, dan jika lebih dari itu, maka sah. Seandainya boleh delapan rakaat sekaligus dalam satu malam dan empat di siang hari.

Dikatakan pula dalam suatu pendapat bahwa tidak sah (shalat sunah) kecuali dua-dua. Dikatakan (pula dalam pendapat yang lain) tidak sah kecuali dua di malam hari saja dan inilah pendapat dhahir-nya Ibnu Qudamah dan yang dipilih oleh Ibnu Syihab.

Demikianlah hukum shalat tarawih 8 rakaat dengan 2 kali salam, atau setiap empat rakaat satu kali salam. Ulama’ Hanafiyyah mengatakan sah, ulama’ Malikiyah berpendapat makruh dan ulama’ Syafiiyah mengatakan tidak sah. Sedangkan menurut ulama Hanabilah sah.

Namun lebih afdhal-nya memang dilaksanakan dua-dua sebagaimana kaidah fiqih menyebutkan “Ma kana aktsara fi’lan, kana aktsara fadhlan/sesuatu yang lebih banyak pekerjaannya maka lebih banyak keutamaannya.” Karena jika dilakukan dua dua, otomatis terdapat unsur taksir yakni memperbanyak niat, takbir, salam dll. Inilah yang umum dilakukan di Indonesia.

Baca Juga :  Hukum Membaca Dua Surah Berbeda dalam Satu Rakaat

Wa Allahu A’lam bis Shawab. (disarikan dari http://fatwa.islamweb.net, kitab Fathul Qarib Mujib karya imam Abu Qasim al Ghazi, dan Qawaid Fiqhiyyah)

8 KOMENTAR

  1. Assalamualaikum, wr wb.
    Dr bacaan diatas knp cuma diambil dr pendapat para ulama yach? Sebenar’y yang dilakukan nabi Muhammad SAW, berapa rakaat & berapa kali salam?

  2. Assalamu’alaikum…
    Knpa sholat 8 tarawih dg 2X slam diktkan mkruh, bhkn tdk.sah??? Smntra Nabi Muhammad SAW, yg sholat sprt it mnurut Aisyah, Istri Bliau??? Mksudxa apa dn bgmna???

  3. Maaf menurut saya sholat dua rakaat satu kali salam sangat memberatkan bukankah sholat 4 rakaat itu satu kali salam lebih baik dari pada sholat dua rakat satu kali salam.bukankah Islam mengajarkan keringanan atau memberi kemudahan dari pada menyusahkan diri yang pada akhirnya ditinggalkan.bukankah sabda Rasul yang menyebutkan kekhawatiran bahwa sholat terawih akan memberatkan umat?mohon

  4. untuk memahami alQuran dan hadist sangat perlu unt mengetahui ilmu2 nya, dan yg mengetahui itu semua adalah para ulama. Pendapat ulama itu pasti telah dikaji ulang, didiskusikan dan dikritisi ribuan ulama lain yg kompeten dr ratusan tahun lalu hingga sekarang…

  5. […] BincangSyariah.Com – Ramadan adalah saat yang tepat untuk memperbanyak ibadah dan beramal soleh. Kita juga dianjurkan banyak-banyak berdoa sebab hampir sebagian waktu di bulan Ramadan adalah mustajab untuk berdoa. Terutama setelah shalat tarawih. Terlebih lagi bagi yang baru pertama kali menjadi imam shalat tarawih di rumah selama pandemi corona yang menimpa hampir seluruh dunia. Berikut ini adalah doa yang sunah dilantunkan usai shalat tarawih. (Baca: Hukum Tarawih 8 Rakaat dengan 2 kali Salam) […]

  6. […] BincangSyariah.Com – Ramadan adalah saat yang tepat untuk memperbanyak ibadah dan beramal soleh. Kita juga dianjurkan banyak-banyak berdoa sebab hampir sebagian waktu di bulan Ramadan adalah mustajab untuk berdoa. Terutama setelah shalat tarawih. Terlebih lagi bagi yang baru pertama kali menjadi imam shalat tarawih di rumah selama pandemi corona yang menimpa hampir seluruh dunia. Berikut ini adalah doa yang sunah dilantunkan usai shalat tarawih. (Baca: Hukum Tarawih 8 Rakaat dengan 2 kali Salam) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here