Hukum Sujud untuk Minta Maaf

0
1493

BincangSyariah.Com – Sering kita perhatikan beberapa orang melakukan sujud setelah melakukan shalat, tanpa ada sebab apapun. Atau seseorang meminta maaf hingga dia rela untuk sujud agar dimaafkan. Dalam Islam, bagaimana hukum sujud untuk minta maaf ini, apakah boleh?

Dalam Islam, hanya ada empat jenis sujud yang boleh kita lakukan, yaitu sujud dalam shalat, sujud sahwi, sujud tilawah dan sujud syukur. Selain empat jenis sujud ini, kita tidak diperkenankan untuk melakukan sujud meskipun niat bersujud kepada Allah.

Bahkan disebutkan dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin, bahwa sujud dengan niat beribadah kepada Allah jika bukan karena melakukan sujud shalat, sujud sahwi, sujud tilawah dan sujud syukur hukumnya adalah haram. Jika bersujud kepada selain Allah dengan niat ibadah, maka hukumnya adalah kufur.

Adapun jika sekedar meletakkan dahi dengan tujuan merendahkan diri dan tanpa ada niat untuk bersujud, maka hukumnya boleh, tidak haram. Oleh karena itu, jika sujud untuk meminta maaf diniatkan sebagai sujud sebagaimana sujud dalam shalat, maka hukumnya haram bahkan bisa kufur. Namun jika diniatkan untuk merendahkan diri saja sebagai bentuk keseriusan meminta maaf, bukan niat untuk bersujud, maka hukumnya boleh.

Hal ini sebagaimana telah dijelaskan oleh Sayid Abdurrahman bin Muhammad dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin berikut;

مذهبنا أن السجود في غير الصلاة مندوب لقراءة آية السجدة للتالي والسامع ، ولمن حدثت له نعمة ظاهرة أو اندفعت عنه نقمة ظاهرة شكراً لله تعالى ، ولا يجوز السجود لغير ذلك ، سواء كان لله فيحرم أو لغيره فيكفر ، هذا إن سجد بقصد العبادة ، فلو وضع رأسه على الأرض تذللاً واستكانة بلا نيته لم يحرم إذ لا يسمى سجوداً.

Baca Juga :  Tasbih Apa yang Dibaca ketika Sujud Tilawah?

“Menurut mazhab kami (ulam Syafiiyah) bahwa sujud di luar shalat disunahkan untuk dilakukan karena membaca ayat sajdah, baik bagi orang yang membaca maupun yang mendengarkan. Disunahkan juga bagi orang yang mendapat nikmat yang nyata atau terhindar dari cobaan yang nyata sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah. Tidak boleh sujud selain itu, baik karena Allah, maka haram, atau selain Allah, maka kufur. Hal ini jika diniatkan ibadah. Adapun jika hanya meletakkan dahi ke tanah untuk merendahkan diri tanpa niat sujud, maka tidak haram. Karena hal itu bukan dinamakan sujud.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here