Sujud Tilawah di Waktu Terlarang Salat

0
816

BincangSyariah.Com – Jika tidak ada sebab tertentu, malakukan salat di waktu-waktu terlarang hukumnya tidak boleh. Lalu bagaimana dengan sujud tilawah? Bolehkah sujud tilawah di waktu terlarang salat?

Terdapat lima waktu yang tidak diperbolehkan melakukan salat di dalamnya tanpa ada sebab-sebab tertentu, yaitu; setelah salat subuh hingga terbit matahari, dari terbit matahari hingga meninggi, ketika waktu istiwa hingga matahari tergelincir ke arah barat selain hari Jumat, setelah salat Asar hingga mulai tenggelam, dari matahari mulai tenggelam hingga tenggelam sempurna.

Pada lima waktu tersebut dilarang melakukan salat. Namun apakah melakukan sujud tilawah dilarang pada lima waktu tersebut sebagaimana dilarang melakukan salat?.

Meskipun syarat sah sujud tilawah sama dengan syarat sah salat sunah, namun melakukan sujud tilawah tidak dilarang pada lima waktu tersebut. Kita boleh melakukan sujud tilawah setiap kali kita membaca atau mendengarkan ayat sajdah, meskipun pada waktu-waktu terlarang melakukan salat.

Kebolehan ini sebagaimana telah dikatakan dengan tegas oleh para ulama salaf seperti Imam Asyya’bi, Alhasan Albashri, ‘Ikrimah, Abu Hanifah dan ulama lainnya. Mereka sepakat bahwa setiap kali membaca ayat sajdah, mendengarkan atau mendengarnya, kita tetap disunahkan melakukan sujud tilawah meskipun pada waktu-waktu terlarang melakukan salat.
Hal ini juga ditegaskan oleh Imam Nawawi dalam kitabnya Attibyan berikut;

لايكره عندنا سجود التلاوة في الأوقات التي نهي عن الصلاة فيها

“Tidak dilarang menurut kami (ulama Syafiiyah) sujud tilawah di waktu-waktu terlarang melakukan salat di dalamnya.”
Oleh karena itu, tidak ada waktu terlarang untuk melakukan sujud tilawah sebagaimana salat. Sujud tilawah disunahkan setiap kali kita memabaca ayat sajdah, mendengarkan atau mendengarnya meskipun di waktu-waktu terlarang melakukan salat.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here