Hukum Sujud Tilawah di dalam Mobil

0
226

BincangSyariah.Com – Bagaimana hukum sujud tilawah di dalam mobil, apakah boleh? Dan bagaimana tatacaranya?.

Pada dasarnya, kita disunahkan untuk melakukan sujud tilawah ketika kita membaca ayat sajdah atau mendengarkannya. Kesunahan ini berlaku umum, baik di dalam salat maupun di luar salat, saat berdiam di tempat tertentu atau sedang perjalanan di dalam mobil.

Oleh karena itu, melakukan sujud tilawah di dalam mobil hukumnya adalah sunah. Ketika kita membaca ayat sajdah di dalam mobil, maka kita disunahkan untuk melakukan sujud tilawah. Hal ini sebagaimana telah dikatakan oleh kebanyakan ulama seperti Imam Malik, Abu Hanifah, Abu Yusuf, dan lainnya.

Hanya saja tatacara sujud tilawah di dalam mobil tidak seperti sujud tilawah pada umumnya. Jika sujud tilawah pada umumnya dilakukan dengan sujud sekali, maka sujud tilawah di dalam mobil cukup dengan isyarat dengan hanya menundukkan kepala.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Imam Nawawi dalam kitab Attibyan berikut;

اذا قرأ السجدة وهو راكب على دابة في السفر سجد بالايماء

“Jika seseorang membaca ayat sajdah sedangkan dia dalam keadaan berkendara di atas kendaraan dalam sebuah perjalanan, maka dia hendaknya sujud dengan membari isyarat saja.”

Maksud sujud dengan memberi isyarat adalah menundukkan kepala sebagai tanda melakukan sujud tilawah. Tidak perlu sujud seperti biasa, cukup hanya dengan menundukkan kepala saja sambil membaca tasbih yang telah disunahkan.
Hal ini sebagaimana sebuah atsar riwayat Imam Albaihaqi, disebutkan;

وَعَنِ ابْنِ عُمَرَ : أَنَّهُ سُئِلَ عَنِ السُّجُودِ عَلَى الدَّابَةِ فَقَالَ : اسْجُدْ وَأَوْمِئْ.

“Dari Ibnu ‘Umar; ‘Beliau ditanyakan mengenai sujud (tilawah) di atas tunggangan. Beliau mengatakan, ‘Sujudlah dengan isyarat.’”

Baca Juga :  Hikmah Membaca Surah Pendek dalam Tarawih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.