Hukum Shalat Memakai Gelang, Apakah Shalat Sah?

0
22

BincangSyariah.Com – Memekai perhiasan seperti gelang dan lainnya merupakan hal yang sangat digemari, terutama oleh kalangan perempuan. Mereka tidak hanya memakai perhiasan gelang dan lainnya di luar shalat, melainkan ketika shalat pun kadang mereka masih memakainya. Sebenarnya, bagaimana hukum melaksanakan shalat dengan memakai gelang, apakah shalat tetap sah? (Baca: Hukum Lelakai Memakai Berlian)

Dalam Islam, memakai perhiasan bagi perempuan hukumnya diperbolehkan, baik di luar shalat maupun di dalam shalat. Bahkan menurut para ulama, memakai gelang kaki sekalipun hukumnya diperbolehkan bagi perempuan, baik terbuat dari emas atau lainnya.

Ini sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Abu Bakar Syatha dalam kitab I’anatut Thalibin berikut;

ﻭﻳﺤﻞ ﺍﻟﺬﻫﺐ ﻭﺍﻟﻔﻀﺔ – ﺑﻼ ﺳﺮﻑ – ﻻﻣﺮﺃﺓ ، ﻭﺻﺒﻲ – ﺇﺟﻤﺎﻋﺎ – ﻓﻲ ﻧﺤﻮ ﺍﻟﺴﻮﺍﺭ ، ﻭﺍﻟﺨﻠﺨﺎﻝ ، ﻭﺍﻟﻨﻌﻞ ، ﻭﺍﻟﻄﻮﻕ

Dan halal emas dan perak-asal tidak berlebihan-bagi perempuan dan anak kecil menurut kesepakatan para ulama, baik sebagai gelang tangan, gelang kaki, sandal maupun sebagai kalung.

Karena memakai perhiasan gelang dan lainnya hukumnya boleh bagi perempuan, maka tidak masalah mereka memakai perhiasan tersebut ketika melaksanakan shalat. Memakai perhiasan gelang dan lainnya di dalam shalat hukumnya boleh bagi perempuan dan shalatnya dihukumi sah, tidak batal.

Ini sama halnya ketika perempuan memakai mukena yang terbuat dari sutra ketika shalat. Karena sutra boleh dipakai oleh perempuan di luar shalat, maka tidak masalah baginya memakai sutra tersebut di dalam shalat, baik dalam bentuk mukena dan lainnya.

Ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Al-Syairazi dalam kitab Al-Muhadzdzab berikut;

ويجوز للمرأة أن تصلي فيه وعليه لأنه لا يحرم عليها استعماله ، وتكره الصلاة في الثوب الذي عليه الصورة

Boleh bagi perempuan shalat dengan memakai pakaian sutra atau di atas pakaian sutra. Hal ini memakai pakaian sutra bagi perempuan hukumnya boleh. Dan makruh shalat menggunakan pakaian yang ada gambarnya.

Dengan demikian, memakai perhiasan gelang di dalam shalat hukumnya boleh bagi perempuan, tidak haram dan shalatnya dihukumi sah. Begitu juga boleh memakai perhiasan lainnya seperti kalung, cincin, gelang kaki dan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here