Hukum Salat Memakai Sarung Tangan

0
5243

BincangSyariah.Com – Membuka kedua telapak tangan ketika salat dan sujud hukumnya adalah sunah, baik bagi laki-laki maupun perempuan. Kita disunahkan untuk melaksanakan salat dalam keadaan kedua telapak tangan terbuka tanpa penutup, semisal memakai sarung tangan dan lain sabagainya.

Hal ini sebagaimana telah dijelaskan dalam kitab Kasyifatus Saja berikut;

ويسن كشف الكفين في حق الذكر وغيره وبطون الرجلين في حق الذكر والأمة وأما غيرهما فيجب سترها

“Disunahkan membuka kedua telapak tangan bagi laki-laki dan lainnya. Disunahkan juga membuka telapak kedua kaki bagi laki-laki dan hamba sahaya. Adapun selain keduanya, maka wajib menutup kedua telapak tangan.”

Melalui keterangan di atas, dapat diketahui bahwa membuka kedua telapak tangan saat sujud hukumnya adalah sunah, baik laki-laki, perempuan, atau hamba sahaya. Adapun membuka kedua telapak kaki hanya disunahkan untuk laki-laki dan hamba sahaya, sementara perempuan wajib menutupi kedua telapak kakinya.

Meski demikian, jika kita melaksanakan salat dalam keadaan kedua telapak tangan tertutup dengan sarung tangan atau lainnya, maka salat kita tetap dinilai sah meskipun makruh. Artinya, menutup kedua telapak tangan dengan sarung tangan atau lainnya saat kita melaksanakan salat hukumnya makruh meskipun salat kita tetap dinilai sah.

Dalam kitab Hasyiyatus Syarqawi disebutkan, membuka kening saat sujud hukumnya adalah wajib. Sementara membuka kedua telapak tangan adalah sunah. Karena itu, menutup kedua telapak tangan dengan sarung tangan atau lainnya hukumnya makruh meskipun salatnya tetap dinilai sah.

و ثامنها سجود للأمر به في الكتاب والخبر السابق بوضع الجبهة مكشوفة و وضع اليدين والركبتين و أطراف القدمين ولو مستورة……….و يسن كشف اليدين والرجلين و يكره كشف الركبتين.

“Kedelapan adalah sujud karena ada perintah melakukannya di dalam Alquran dan hadis di depan. (Sujud) dilakukan dengan meletakkan kening dalam keadaan terbuka, dan meletakkan kedua tangan, kedua lutut dan ujung kedua kaki meskipun dalam keadaan tertutup…Dan disunahkan membuka kedua telapak tangan dan kedua kaki dan dimakruhkan membuka kedua lutut.”

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here