Hukum Menyedekahkan Kulit Hewan Kurban

0
309

BincangSyariah.Com – Para ulama sepakat bahwa seluruh bagian hewan kurban tidak ada yang boleh dijual, baik daging, kulit, bulu, dan lain sebagainnya. Menurut Imam Syafii, hewan kurban yang sudah disembelih sebaiknya disedekahkan kepada orang lain dan sebagian boleh dimakan oleh orang berkurban dan kelurganya.

Hal ini berlaku juga terhadap kulit hewan kurban, yaitu sebaiknya disedekahkan dan boleh dimakan atau dimanfaatkan oleh orang yang berkurban atau kelurganya. Yang dilarang oleh Nabi Saw. adalah menjual kulit hewan kurban, sedangkan menyedekahkan, memakan atau memanfaatkan kulit hewan kurban tersebut dibolehkan.

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa Sayidina Ali pernah diperintah oleh Nabi Saw. untuk menyedekahkan daging dan kulit hewan kurban. Hal ini menunjukan bahwa kulit hewan kurban sebaiknya disedekahkan.

Hadis dimaksud adalah hadis riwayat Imam Muslim dari Sayidina Ali, dia berkata;

أَمَرَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ أَقُومَ عَلَى بُدْنِهِ وَأَنْ أَتَصَدَّقَ بِلَحْمِهَا وَجُلُودِهَا وَأَجِلَّتِهَا وَأَنْ لَا أُعْطِيَ الْجَزَّارَ مِنْهَا قَالَ نَحْنُ نُعْطِيهِ مِنْ عِنْدِنَا

“Aku diperintah oleh Nabi Saw. untuk mengurus penyembelihan hewan kurban, menyedekahkan daging dan kulitnya, serta mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan kesempurnaan kurban. Tetapi aku dilarang oleh beliau mengambil upah untuk tukang potong dari hewan kurban itu. Maka untuk upahnya kami ambilkan dari uang kami sendiri.”

Selain itu, kulit hewan kurban boleh dimanfaatkan untuk dijadikan tempat air, sandal atau lainnya. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Sayidah Aisyah pernah membuat kantong air dari kulit hewan kurban.

Dalam hadis riwayat Imam Ahmad dari Qatadah bin Annu’man, Nabi Saw. bersabda;

 لَا تَبِيعُوا لُحُومَ الْهَدْيِ وَالْأَضَاحِيِّ فَكُلُوا وَتَصَدَّقُوا وَاسْتَمْتِعُوا بِجُلُودِهَا وَلَا تَبِيعُوهَا وَإِنْ أُطْعِمْتُمْ مِنْ لَحْمِهَا فَكُلُوا إِنْ شِئْتُمْ

Baca Juga :  Bolehkah Berkurban Hewan yang Ekornya Putus?

“Janganlah kalian menjual daging-daging hewan hadyu dan daging hewan kurban, makanlah dan sedekahkanlah dan manfaatkanlah kulitnya dan janganlah kalian menjualnya. Dan apabila kalian diberi dagingnya, maka makanlah jika kalian mau.”

Hadis ini menjelaskan bahwa hewan kurban boleh dimakan oleh orang yang berkurban dan kelurganya dan sebagian yang lain disedekahkan. Adapun kulitnya, boleh disedekahkan kepada orang lain, juga boleh dimanfatkan untuk dijadikan bedug, tempat air, baju kulit atau lain sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.