Hukum Mengusapkan Minyak Wangi pada Batu Nisan Kuburan

2
2205

BincangSyariah.Com – Pada saat kita melakukan ziarah pada makam para dan ulama, kadang kita mendapati di antara para peziarah ada yang menaburi bunga di atas kuburannya, juga ada yang mengusapkan minyak wangi pada batu nisannya. Di sebagian daerah, masyarakat juga melakukan hal serupa pada kuburan keluarga mereka. Selain menabur bunga, mereka juga mengusapkan minyak wangi pada batu nisannya. Dalam Islam, bagaimana hukum mengusapkan minyak wangi pada batu nisan kuburan?

Mengusapkan minyak wangi pada batu nisan kuburan hukumnya diperbolehkan. Tidak ada larangan dalam Islam untuk menaburi wewangian pada kuburan dan batu nisannya, baik dalam bentuk bunga maupun dalam bentuk minyak wangi.

Bahkan jika bertujuan untuk menghormati jenazah yang ada dalam kuburan, untuk menarik para ziarah agar senang melakukan ziarah, dan juga dimaksudkan agar malaikat hadir, maka hal tersebut termasuk perkara yang dianjurkan.

Hal ini sebagaimana telah disebutkan oleh Imam al-Ramli dalam kitab Nihayatul Muhtaj berikut;

وَيُسْتَحَبُّ وَضْعُ الْجَرِيْدِ الْأَخْضَرِ عَلَى الْقَبْرِ لِلِاتِّبَاعِ ، وَكَذَا الرَّيْحَانُ وَنَحْوُهُ مِنْ الْأَشْيَاءِ الرَّطْبَة

“Dianjurkan meletakkan pelepah kurma yang masih hijau di atas kuburan, karena mengikuti Rasulullah saw. Begitu pula bunga yang wangi dan lainnya, yang terdiri dari tumbuh-tumbuhan yang basah.”

Kebolehan mengusapkan minyak wangi pada batu nisan disamakan dengan kebolehan menaburi kuburan dengan bunga-bunga yang baunya wangi. Jika menabur bunga yang baunya wangi diperbolehkan, maka begitu diperbolehkan dengan menaburi minyak wangi pada batu nisannya. Karena kedua hal tersebut memiliki tujuan sama, yaitu agar area kuburan tersebut menjadi wangi sehingga malaikat suka untuk mengunjunginya.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Hasyiyatul Jamal berikut;

لَا بَأْسَ بِالْيَسِيرِ مِنْهُ إذَا قُصِدَ حُضُورُ الْمَلَائِكَةِ ; لِأَنَّهَا تُحِبُّ الرَّائِحَةَ الطَّيِّبَةَ

Baca Juga :  Berapa Lama Jenazah Boleh Dishalati di Dekat Kuburannya?

“Tidak masalah menaburi sedikit bunga yang wangi pada kuburan jika dimaksudkan agar malaikat hadir, karena malaikat suka pada bau yang wangi.”

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here