Hukum Mengusap Wajah Setelah Membaca Doa Qunut

0
4610

BincangSyariah.Com – Bagaimana hukum mengusap wajah setelah membaca doa qunut  pada salat Subuh dan Witir di bulan Ramadan, apakah dianjurkan?

Dalam Islam, ketika kita selesai memanjatkan doa kepada Allah, kita dianjurkan untuk mengusap wajah kita dengan kedua telapak tangan. Anjuran ini berdasarkan hadis riwayat Ibnu Majah dari Ibnu Abbas, dia berkata bahwa Nabi saw bersabda;

إِذَا دَعَوْتَ اللَّهَ فَادْعُ بِبَاطِنِ كَفَّيْكَ ، وَلَا تَدْعُ بِظُهُورِهِمَا ، فَإِذَا فَرَغْتَ ، فَامْسَحْ بِهِمَا وَجْهَكَ

“Jika kamu berdoa kepada Allah, maka berdoalah dengan telapak tanganmu dan bukan dengan punggung tanganmu. Dan jika kamu sudah selesai, maka usaplah wajahmu dengan keduanya.”

Juga berdasarkan hadis riwayat Imam al-Hakim dari Sayidina Umar bin Khaththab, dia berkata;

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا رَفَعَ يَدَيْهِ فِي الدُّعَاءِ لَمْ يَحُطَّهُمَا حَتَّى يَمْسَحَ بِهِمَا وَجْهَهُ

“Rasulullah saw apabila mengangkat kedua tangannya saat berdoa, beliau tidak menurunkannya hingga beliau mengusap wajahnya terlebih dahulu dengan kedua telapak tangannya.”

Adapun mengusap wajah dalam salat setelah selesai membaca doa qunut, maka ulama Syafiiyah mengatakan bahwa hal tersebut tidak dianjurkan, bahkan dimakruhkan. Hal ini karena doa sudah termasuk bagian dari salat sehingga tidak perlu mengusap wajah setiap selesai membaca doa dalam salat.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Habib Abduraham dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin berikut;

لا يسن مسح الوجه في أدعية الصلاة أصلا عندنا ولا رفع اليدين إلا في القنوت للإتباع وزاد أحمد مسح الوجه فيه أيضا

“Tidak disunahkan sama sekali mengusap wajah dalam semua doa-doa dalam salat menurut kami (ulama Syafiiyah), juga tidak disunahkan mengangkat tangan kecuali dalam qunut karena mengikuti sunah Nabi saw. Imam Ahmad menambahkan, ‘Juga tidak disunahkan mengusap wajah dalam qunut.’”

Baca Juga :  Dua Kesunahan Saat Melaksanakan Salat

Juga telah disebutkan oleh Syaikh Abu Bakar Syatha dalam kitab I’anatut Thalibin berikut;

ولا يسن مسح الوجه وغيره بعد القنوت بل قال جمع يكره مسح نحو الصدر

“Tidak disunahkan mengusap wajah dan lainnya setelah membaca doa qunut. Bahkan kebanyakan ulama berkata bahwa makruh mengusap seumpama dada.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here