Hukum Mengimami Salat Id Dua Kali

0
482

BincangSyariah.Com – Pada dasarnya, salat wajib lima waktu dan salat sunah tidak boleh dikerjakan lebih dari sekali dalam waktu yang sama kecuali karena ada sebab yang dibenarkan syariat. Dalam sebuah hadis riwayat Imam Abu Daud dari Sulaiman bin Yasar, dia mendengar Nabi Saw. bersabda;

لاَ تُصَلُّوا صَلاَةً فِى يَوْمٍ مَرَّتَيْنِ

“Janganlah kalian mengerjakan satu salat dua kali dalam sehari.”

Bagaimana jika mengimami salat Id di dua masjid berbeda pada waktu yang sama? Apakah boleh dan bagaimana hukumnya?

Salat Id termasuk salat yang disunahkan berjemaah. Setiap salat yang disunahkan berjemaah dibolehkan untuk diulangi kembali pada waktu yang sama secara berjemaah kecuali salat witir karena tidak ada dua witir dalam satu malam. Oleh karena itu, mengulangi salat Id pada waktu yang sama secara berjemaah dibolehkan, baik menjadi makmum atau menjadi imam.

Salah satu dalil kebolehan mengulangi salat secara berjemaah adalah hadis riwayat Imam Abu Daud dan Tirmidzi dari Abu Sa’id, dia berkisah;

أَنَّ رَجُلًا جَاءَ وَقَدْ صَلَّى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَقَالَ أَلَا رَجُلٌ يَتَصَدَّقُ عَلَى هَذَا فَيُصَلِّيَ مَعَهُ ؟

“Ada seorang laki-laki datang sedangkan Nabi Saw. telah selesai melaksanakan salat, maka beliau bersabda; Barangsiapa ingin bersedekah kepada orang ini, hendaklah dia salat bersamanya.”

Hadis ini menjelaskan kebolehan salat yang dilakukan berjemaah diulangi lagi secara berjemaah pada waktu yang sama. Hal ini sebagaimana dikatakan Imam Nawawi dalam kitab Almajmu berikut;

وفيه استحباب إعادة الصلاة في جماعة لمن صلاها في جماعة وإن كانت الثانية أقل من الأولى

“Hadis ini menunjukkan kesunahan mengulangi salat berjemaah bagi orang yang telah melakukannya secara berjemaah, meskipun salat yang kedua lebih sedikit jumlah jamaahnya dibanding salat pertama.”

Baca Juga :  Selain Takbiran, Ini Doa yang Dibaca Rasulullah Saat Momen Hari Raya Idul Adha

Dari keterangan di atas, mengulangi salat berjemaah Id diperbolehkan, baik menjadi imam atau makmum, di satu masjid atau di masjid berbeda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here