Hukum Mengganti Salawat Ibrahimiyah Ketika Tasyahud Akhir

0
664

BincangSyariah.Com – Bagaimana hukum mengganti salawat Ibrahimiyah ketika tasyahud akhir dengan salawat lainnya?

Membaca salawat kepada Nabi saw. saat tasyahud akhir adalah wajib karena hal tersebut bagian dari rukun salat. Karena itu, jika tidak membaca salawat kepada Nabi saw. saat tasyahud akhir, maka salatnya tidak sah.

Pada umumnya, bentuk salawat yang digunakan saat tasyahud akhir adalah salawat Ibrahimiyah. Salawat ini dinilai oleh para ulama sebagai salawat paling utama dan paling sempurna untuk dibaca saat tasyahud akhir. Membaca salawat ini saat tasyahud akhir hukumnya adalah sunah. Hal ini sebagaimana telah dijelaskan dalam kitab Alfiqhul Manhaji berikut.

عرفت فيما مضى أن الصلاة على النبي – صلى الله عليه وسلم – ركن في جلسة التشهد الأخيرة، ويتأدى الركن بأي صيغة من الصلاة على النبي – صلى الله عليه وسلم -. . أما اختيار الصلوات الإبراهيمية – وقد مضى ذكر نصَّها- فسنَّة.

“Melalui penjelasan di depan, kamu tahu bahwa salawat atas Nabi saw. adalah rukun di dalam tasyahud akhir. Rukun ini bisa dilakukan dengan membaca bentuk salawat apa saja kepada Nabi saw. Hanya saja memilih salawat Ibrahimiyah (bentuk teksnya sudah disebutkan di awal) adalah sunah.”

Karena memilih salawat Ibrahimiyah adalah sunah, maka tentu mengganti salawat ini boleh dilakukan. Kita boleh memilih salawat yang lain selain salawat Ibrahimiyah saat tasyahud akhir, seperti apapun bentuk kalimatnya. Misalnya, Allahumma sholli ‘ala muhammad, shollallahu ‘ala muhammad, dan lainnya. Dalam kitab Raudhah, Imam Nawawi mengatakan;

ﺃﻗﻞ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ، ﺃﻥ ﻳﻘﻮﻝ : ( ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺻﻞ ﻋﻠﻰ ﻣﺤﻤﺪ ) ﺃﻭ ( ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﻣﺤﻤﺪ ) ﺃﻭ ( ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﺭﺳﻮﻟﻪ ) ، ﻭﻓﻲ ﻭﺟﻪ : ﻳﻜﻔﻲ ( ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ) ، ﻭﺃﻗﻞ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﺍﻵﻝ ﺃﻥ ﻳﻘﻮﻝ ) ﻭﺁﻟﻪ ) ﻭﺃﻛﻤﻠﻬﺎ ﺃﻥ ﻳﻘﻮﻝ : ( ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺻﻞ ﻋﻠﻰ ﻣﺤﻤﺪ ، ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻝ ﻣﺤﻤﺪ ، ﻛﻤﺎ ﺻﻠﻴﺖ ﻋﻠﻰ ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ، ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻝ ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ، ﻭﺑﺎﺭﻙ ﻋﻠﻰ ﻣﺤﻤﺪ ، ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻝ ﻣﺤﻤﺪ ، ﻛﻤﺎ ﺑﺎﺭﻛﺖ ﻋﻠﻰ ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ، ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻝ ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ، ﺇﻧﻚ ﺣﻤﻴﺪ ﻣﺠﻴﺪ

Baca Juga :  Agar Mandi Janabah Sempurna, Lakukanlah Hal Ini

“Paling sedikitnya lafal salawat kepada Nabi saw. adalah dengan mengucapkan, ‘Allahumma sholli ‘ala muhammad,’ atau ‘Shollallahu ‘ala muhammad,’ atau ‘Shollahu ‘ala rasulihi.’ Disebutkan bahwa cukup dengan mengatakan, ‘Shollahu ‘alaihi.’ Paling sedikitnya salawat atas keluarga Nabi saw. adalah dengan mengatakan, ‘Wa alihi.’ Adapun salawat yang paling sempurna adalah dengan mengucapkan, ‘Allahumma sholli ‘ala muhammadin wa ‘ala ali muhammadin kama shollaita ‘ala ibrahima wa ‘ala ali ibrahima wa barik ‘ala muhammadin wa ‘ala ali muhammadin kama barakta ‘ala ibrahima wa ‘ala ali ibrahima innak hamidum majid.’”

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here