Hukum Mengangkat Tangan Saat Takbir Tambahan Salat Id

0
750

BincangSyariah.Com – Sudah maklum bahwa mengangkat kedua tangan pada saat takbiratul ihram pada saat melakasanakan salat wajib maupun sunah termasuk perbuatan sunah. Ketika kita melakukan takbiratul ihram, kita dinjurkan untuk mengangkat kedua tangan hingga sejajar dengan kedua bahu atau kedua telinga.

Selain takbiratul ihram, juga dianjurkan mengangkat kedua tangan ketika hendak rukuk, ketika hendak i’tidal dan ketika berdiri dari tasyahud awal menuju rakaat ketiga. Hal ini berdasarkan hadis riwayat Imam Bukhari dari Salim bin Abdillah bin Umar:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَرْفَعُ يَدَيْهِ حَذْوَ مَنْكِبَيْهِ إِذَا افْتَتَحَ الصَّلاَةَ، وَإِذَا كَبَّرَ لِلرُّكُوعِ، وَإِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرُّكُوعِ، رَفَعَهُمَا كَذَلِكَ أَيْضًا، وَقَالَ: سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ، رَبَّنَا وَلَكَ الحَمْدُ، وَكَانَ لاَ يَفْعَلُ ذَلِكَ فِي السُّجُودِ

“Sesungguhnya Rasulullah dahulu mengangkat kedua tangannya sejajar dengan kedua bahunya apabila memulai salat, dan ketika bertakbir untuk rukuk dan ketika mengangkat kepala dari rukuk beliau juga mengangkat kedua tangannya dan mengucapkan, “Sami’allahu liman hamidah rabbana wa lakal hamdu” dan beliau tidak melakukan hal itu dalam sujudnya.”

Lantas apakah ketika melakukan takbir tambahan pada salat Id juga disunahkan mengangkat kedua tangan hingga sejajar dengan kedua bahu atau kedua telinga?

Menurut ulama Syafiiyah, sebagaimana dikutip oleh Imam Nawawi dalam kitabnya Almajmu, setiap kali melakukan takbir tambahan pada salat Id disunahkan untuk mengangkat kedua tangan hingga sejajar dengan kedua bahu atau kedua telinga sebagaimana pada saat melakukan takbiratul ihram.

Beliau mengatakan:

مذهبنا استحباب الرفع فيهن واستحباب الذكر بينهن

“Mazhab kami (ulama Syafiiyah) disunahkan mengangkat tangan pada saat melakukan takbir zawaid dan membaca zikir di sela-selanya.”

Baca Juga :  Bolehkah Melaksanakan Shalat Sunnah Wudhu di Waktu Terlarang?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here