Hukum Mengadakan Walimah Khitan

0
1107

BincangSyariah.Com – Di kalangan masyarakat muslim Indonesia, mengadakan walimah khitan merupakan sebuah tradisi yang sudah lumrah dilakukan. Umumnya, walimah khitan hanya dilakukan setelah mengkhitan anak laki-laki dan jarang dijumpai walimah khitan setelah mengkhitan anak perempuan. Sebenarnya, bagaimana hukum mengadakan walimah khitan dalam Islam?

Terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama Syafiiyah mengenai hukum mengadakan walimah khitan untuk anak laki-laki. Menurut sebagian ulama, mengadakan walimah khitan untuk anak laki adalah fardhu kifayah. Hal ini karena proses mengkhitan anak laki-laki harus ditampakkan dan disaksikan oleh orang lain.

Sementara menurut sebagian ulama, mengadakan acara untuk anak laki-laki hanya sunnah, bukan fardhu kifayah. Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah berikut;

ومن الشافعية من قال: هى فرض على الكفاية لأن القصد اظهارها ، وذلك يحصل بحضور البعض وقيل إنها سنة

Sebagian ulama Syafiiyah ada yang berpendapat bahwa walimah khitan adalah fardhu kifyah karena bertujuan untuk menampakkan kepada orang lain. Itu bisa dilakukan dengan mengundang sebagian orang saja. Sebagian ulama lain berpendapat bahwa walimah khitan adalah sunnah.

Adapun mengadakan walimah khitan untuk anak perempuan tidak dianjurkan. Ini disebabkan karena proses khitan anak perempuan dianjurkan untuk tidak ditampakkan, sementara proses khitan anak laki-laki disunnahkan untuk ditampakkan. Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Nihayatuz Zain berikut;

ويسن إظهار ختان الذكور وإخفاء الإناث عن الرجال دون النساء ولا يلزم من ندب وليمة الختان إظهاره فيهن

Disunnahkan menampakkan khitan laki-laki dan menyembunyikan khitan perempuan dari para kaum pria bukan kaum perempuan. Ini bukan berarti kesunahan mengadakan walimah khitan laki-laki berarti juga disunnahkan ditampakkan di kalangan perempuan.
Dengan demikian, mengadakan walimah khitan untuk anak laki-laki sangat dianjurkan agar disaksikan dan diketahui oleh orang lain. Sementara walimah khitan untuk anak perempuan tidak disunnahkan karena proses khitan anak perempuan dianjurkan untuk disembunyikan dan tidak ditampakkan pada orang lain.

Baca Juga :  Hukum dan Tata Cara Shalat Ihram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here