Hukum Memotong Kuku Saat Puasa Sunnah

0
9

BincangSyariah.Com – Dalam Islam, kita dianjurkan untuk memotong kuku ketika sudah panjang, baik kuku jari-jari tangan maupun kuku jari-jari kaki. Namun bagaimana jika memotong kuku saat puasa sunnah, apakah boleh?

Memotong kuku saat puasa sunnah, seperti saat melakukan puasa di hari Senin, Kamis, puasa di hari Arafah, dan puasa sunnah lainnya, itu hukumnya adalah boleh. Tidak ada larangan dalam Islam untuk memotong kuku saat puasa sunnah, baik kuku jari-jari tangan maupun kuku jari-jari kaki. (Baca: Doa Ketika Memotong Kuku)

Jika kuku sudah mulai panjang, maka tetap disunnahkan untuk dipotong meskipun sedang melakukan puasa sunnah. Kesunnahan memotong kuku tidak gugur sebab kita melakukan sunnah.

Bahkan menurut para ulama, memotong kuku juga tidak dilarang pada saat kita melakukan puasa Ramadhan, dan puasa wajib lainnya, seperti puasa qadha dan puasa nadzar. Jika kuku sudah panjang, maka kita tetap disunnahkan memotong kuku meskipun kita sedang melakukan puasa wajib seperti puasa Ramadhan.

Ini sebagaimana telah difatwakan oleh Darul Ifta’ Al-Mishriyah berikut;

ما حكم تقليم الأظفار في نهار رمضان؟ تقليم الأظفار من السنة؛ فعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وآله وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: الْفِطْرَةُ خَمْسٌ، أَوْ خَمْسٌ مِنَ الْفِطْرَةِ: الْخِتَانُ، وَالاسْتِحْدَادُ، وَنَتْفُ الإِبِطِ، وَتَقْلِيمُ الْأَظْفَارِ، وَقَصُّ الشَّارِبِ أخرجه البخاري في صحيحه  وتقليم الأظفار في نهار رمضان جائزٌ بلا كراهة؛ إذ ليس هناك دليلٌ يدل على خلاف ذلك.

Bagaimana hukum memotong kuku di siang hari bulan Ramadhan? Memotong kuku termasuk bagian dari sunnah. Ini berdasarkan hadis yang bersumber dari Abu Hurairah, dari Nabi Saw bersabda; Ada lima macam fitrah, atau lima macam termasuk bagian dari fitrah, yaitu khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak. Hadis ini disebutkan Imam Bukhari dalam kitab Shahih-nya. Dan memotong kuku di siang hari bulan Ramadhan hukumnya boleh dan tidak makruh. Hal ini karena tidak adanya dalil yang menunjukkan kebalikannya.

Dengan demikian, memotong kuku hukumnya boleh pada saat kita sedang puasa, baik puasa sunnah maupun puasa wajib. Bahkan jika sudah panjang, maka sunnah hukumnya dipotong meskipun sedang melakukan puasa.

Baca Juga :  Bolehkah Mewakilkan Sembelihan Kurban Kepada Orang yang Tidak Salat?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here