Hukum Membaca Surah Alquran dalam Salat Jenazah

0
694

BincangSyariah.Com – Membaca surah Al Fatihah dalam salat jenazah hukumnya adalah wajib. Surah Al Fatihah termasuk bagian dari rukun salat jenazah. Karena itu, jika kita tidak membaca surah tersebut, maka salat jenazah yang kita lakukan dinilai tidak sah. Lantas bagaimana dengan hukum membaca surah Alquran dalam salat jenazah selain surah Al Fatihah, apakah disyariatkan?

Kebanyakan ulama mengatakan bahwa menurut pendapat yang paling sahih, membaca surah Alquran ketika melakukan salat jenazah tidak disunahkan. Ketika melakukan salat jenazah, kita hanya cukup membaca surah Al Fatihah saja tanpa perlu ditambah dengan surah yang lain. Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Imam Nawawi dalam kitab Almajmu berikut;

واتفقوا على أن الأصح أنه لا يستحب ، وبه قطع جمهور المصنفين ، ونقل إمام الحرمين إجماع العلماء عليه

“Ulama sepakat bahwa menurut pendapat yang lebih sahih, membaca surah Alquran (dalam salat jenazah) tidak disunahkan. Pendapat ini ditegaskan oleh kebanyakan pengarang kitab, dan Imam Haramain menukil bahwa hal tersebut sudah menjadi kesepakatan para ulama.”

Mengapa dalam salat jenazah tidak disunahkan membaca surah Alquran selain surah Al Fatihah?

Salah satu alasan yang diberikan oleh Imam Abu Ishaq dalam kitabnya Almuhazzab adalah karena pelaksanaan salat jenazah dianjurkan untuk diringkas. Salat jenazah dianjurkan agar dilakukan dengan sederhana tanpa harus membaca surah-surah Alquran sebagaimana dalam salat pada umumnya.

لا يقرأ لأنها مبنية على الحذف والاختصار

“(Surah Alquran) tidak dibaca dalam salat jenazah, karena pelaksanaan salat jenazah dibangun berdasarkan atas penghapusan dan peringkasan.”

Dengan demikian, ketika kita melakukan salat jenazah, maka tidak perlu membaca surah Alquran selain surah Al Fatihah, baik kita salat jenazah sendirian atau berjamaah, berposisi sebagai imam maupun sebagai makmum.

Baca Juga :  Shalat Sunnah Menjelang Malam Isra Mi'raj pada 22 Maret 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here