Hukum Membaca Surah Al-Fatihah di Akhir Majlis

1
608

BincangSyariah.Com – Di kalangan masyarakat Muslim Indonesia, ada beragam model saat hendak mengakhiri sebuah majlis atau pengajian dan perkumpulan. Sebagian mengakhirinya dengan bacaan hamdalah, ada sebagian yang mengakhiri dengan membaca salawat, dan ada pula yang mengakhiri dengan bacaan surah al-Fatihah. Sebenarnya, bagaimana hukum membaca surah al-Fatihah di akhir majlis atau pengajian dan perkumpulan, apakah dianjurkan?

Membaca surah al-Fatihah di akhir majlis atau setelah doa bersama merupakan perbuatan yang mustahsanah, yaitu perbuatan yang dinilai baik dan dianjurkan. Oleh karena itu, meskipun dalam al-Quran dan hadis tidak ada anjuran menutup doa atau majlis dengan surah al-Fatihah, namun hal tersebut tidak dilarang dalam Islam dan tidak bertentangan dengan ajaran-ajaran Islam.

Sebab itu, para ulama membolehkan, bahkan menganggap baik jika sebuah perkumpulan dan doa bersama diakhiri dengan bacaan surah al-Fatihah. Hal ini sebagaimana telah disebutkan dalam kitab Nihayatul Mufid berikut;

جرت عادة عامة المسلمين بجميع الاقطار ترتيب الفاتحة وقراءتها بعد الدعوات فى ختام المجالس….. فهي مستحسنة شرعا وان لم يكن لها اصل من كتاب وسنة

“Sudah berlaku sebuah kebiasaan umum di kalangan kaum Muslimin di seluruh tempat, yaitu mengurut dan membaca surah al-Fatihah setelah berdoa di akhir majlis…Hal tersebut merupakan perkara yang dinilai oleh baik dalam syariat meskipun tidak memiliki dasar dari al-Quran dan sunah Nabi saw.”

Melalui penjelasan ini, dapat kita ketahui bahwa membaca surah al-Fatihah di akhir majlis atau setelah doa termasuk perkara yang diperbolehkan, bahkan dianjurkan secara syar’i. Tidak ada larangan dalam Islam untuk menutup doa atau majlis dengan surah al-Fatihah. Begitu juga tidak ada larangan untuk menutupnya dengan membaca salawat kepada Nabi saw, dengan hamdalah, dengan tasbih, dengan istigfar atau dengan zikir lainnya.

Baca Juga :  Dalil Shalat Lima Waktu dalam Al-Qur'an dan Hadis

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here