Hukum Membaca Doa Setelah Wudhu

0
18

BincangSyariah.Com – Dalam kitab-kitab fiqih disebutkan bahwa di antara perkara yang dianjurkan setelah selesai melakukan wudhu adalah berdoa. Para ulama sepakat bahwa membaca doa setelah wudhu adalah sunnah. Terdapat beberapa hadis yang dijadikan dasar oleh para ulama mengenai kesunnahan membaca doa setelah wudhu ini. (Baca: Dua Keutamaan Berwudhu di Rumah Sebelum Berangkat ke Masjid)

Di antaranya adalah hadis riwayat Imam Al-Nasai dari Abu Musa Al-Asy’ari, dia berkata;

أتيتُ رسول الله صلى الله عليه وسلم بوضوء، فتوضأ، فسمعته يدعو ويقول: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لي ذَنْبِي، وَوَسِّعِ لي فِي داري، وَبارِكْ لي في رِزْقِي فقلتُ: يا نبيّ الله، سمعتك تدعو بكذا وكذا، قال: وهل ترَكْتُ مِن شيءٍ؟

Saya memberikan air wudhu kepada Rasulullah Saw, kemudian beliau berwudhu dan aku mendengar beliau berdoa sambil mengucapkan; Allohumma ighfirlii dzanbii wa wassi’lii fii daarii wa baariklii fii rizqii (Ya Allah, ampunilah dosaku, dan lapangkanlah rumahku, dan berkahilah rizkiku). Lalu aku berkata kepada beliau; Wahai Nabi Allah, aku mendengar engkau berdoa begini, begini. Beliau menjawab; Apakah aku meninggalkan sesuatu?.

Juga berdasarkan hadis riwayat Imam Al-Tirmidzi dari Umar bin Al-Khaththab, dia berkata;

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من توضأ فأحسن الوضوء ثم قال أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله اللهم اجعلني من التوابين واجعلني من المتطهرين فتحت له ثمانية أبواب الجنة يدخل من أيها شاء

Artinya:

Rasulullah Saw bersabda; Barangsiapa wudhu dan memperbagus wudhunya kemudian mengucapkan; Asyhadu alla ilaha illallahu wahdaha la syarika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu, allahummaj’alni minat tawwabina waj’alni minal mutathahhirna (Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusanNya.

Ya Allah, jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bersuci), maka dibuka baginya delapan pintu surga, dan ia boleh masuk melalui pintu mana saja.

Berdasarkan dua hadis di atas, para ulama mengatakan bahwa berdoa setelah wudhu adalah sunnah. Oleh karena itu, ketika seseorang selesai melakukan wudhu, maka dia dianjurkan untuk berdoa sebagaimana doa yang telah diucapkan oleh Nabi Saw.

Baca Juga :  Lima Syarat Kesunnahan Membaca Doa Iftitah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here