Hukum Memakai Krim Tanpa Bau Wangi saat Haji atau Umrah

0
844

BincangSyariah.Com-Layaknya Takbirratul Ihram dalam shalat, Ihram merupakan pintu awal dalam ibadah haji dan umrah. Dalam kondisi ini seorang yang sedang ihram harus menghindari segala sesuatu yang dilarang, termasuk menggunakan wewangian. Imam Ibnu Hajar mengutip pendapat Imam an-Nawawi dalam kitab Raudhatu at-Thalibin bahwa termasuk kategori wewangian adalah setiap sesuatu yang mengandung bau wangi.

Oleh sebab itu, segala sesuatu yang berbau wangi selama bukan makanan dan minuman adalah dilarang. Termasuk sampo, sabun, krim pelembab, dan lain sejenisnya, terlebih minyak wangi yang jelas-jelas digunakan untuk mengharumkan. Dalam Kitab I’anatu at-Thalibin, juz II, h.361 dijelaskan :  

قَوْلُهُ بِمَا يُسَمَّى طِيْبًا- وَالْمُرَادُ بِمَا تُقْصَدُ مِنْهُ رَائِحَةُ الطِّيْبِ غَالِبًا أَمَّا مَا كَانَ الْقَصْدُ مِنْهُ اْلأَكْلُ وَالتَّدَاوِيْ ـ إلى أن قال ـ فَلاَ شَيْئَ فِيْهِ أَصْلاً

Yang dimaksud dari wewangian adalah segala sesuatu yang sengaja dibuat untuk pengharum (raihah). Sedangkan bau wangi yang ada pada makanan, obat atau sebagainya maka tidak bermasalah (tidak memiliki esensi hukum).

Berdasarkan keterangan ini, maka telah jelas bahwa ada cela untuk menggunakan apa pun seperti sampo, sabun, dan selainnya asalkan tidak terdapat bau wangi. Dengan demikian bagi orang yang sedang ihram boleh menggunakan krim yang tidak terdapat bau wangi.  Dalam Kitab Syarah Yaqut an-Nafis, h.342 dijelaskan :

وَلاَ يَغْتَسِلُ بَعْدَ اْلإِحْرَامِ بِالصَّابُوْنِ الَّذِيْ لَهُ رَائِحَةٌ ِلأَنَّهَا وُضِعَتْ فِيْهِ بِقَصْدِ الطِّيْبِ أَوْ قُصِدَ بِهَا غَرْضَانِ التَّنَضّيْ وَالتَّطَيُّبُ وَاْلأَوْلَى لِلْمُحْرِمِ أَنْ يَحْتَاطَ وَيَسْتَعْمِلَ الصَّابُوْنَ الَّذِيْ لَيْسَ لَهُ رَائِحَةٌ اهـ

Tidak boleh seorang yang baru selesai dari ihram (sebelum tahallul) melaksanakan mandi dengan memakai sabun yang wangi. Karena tergolong sesuatu yang sengaja untuk mengharumkan atau untuk membersihkan dan mengharumkan. Yang paling utama bagi muhrim adalah berhati-hati yaitu mandi dengan menggunakan sabun yang tidak terdapat bau wangi. Wallahu Alam Bisshawab.

Baca Juga :  Menyingkap Hikmah Di Balik Perintah Berpuasa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here