Hukum Melakukan Umrah Sebelum Berhaji, Apakah Boleh?

0
732

BincangSyariah.Com – Saat ini banyak di antara kaum muslimin yang melakukan umrah sebelum mereka melakukan ibadah haji. Ini dilakukan selain karena biaya umrah lebih murah, juga karena antrean keberangkatan untuk ibadah haji sangat panjang. Bagaimana hukum melakukan umrah sebelum melakukan ibadah haji, apakah boleh?

Para ulama sepakat bahwa melakukan ibadah umrah sebelum melakukan ibadah haji hukumnya boleh dan sah. Tidak masalah seseorang melakukan umrah meskipun belum melakukan haji. Bahkan Nabi Saw melakukan ibadah umrah terlebih dahulu sebanyak tiga kali sebelum beliau melakukan ibadah haji. (Baca: Doa Ketika Melihat Hal yang Menakjubkan Saat Melakukan Ibadah Haji dan Umrah)

Ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu berikut;

أجمع العلماء على جواز العمرة قبل الحج سواء حج في سنته أم لا، وكذا الحج قبل العمرة، واحتجوا له بحديث ابن عمر أن النبي صلى الله عليه وسلم اعتمر قبل أن يحج، رواه البخاري، وبالأحاديث الصحيحة المشهورة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم اعتمر ثلاث عمر قبل حجته، وكان أصحابه في حجة الوداع أقساما منهم من اعتمر قبل الحج ومنهم من حج قبل العمرة

Para ulama sepakat mengenai kebolehan melakukan umrah sebelum haji, baik dia berhaji pada tahun itu atau tidak. Begitu juga boleh melakukan ibadah haji sebelum umrah. Para ulama mendasarkan kebolehan ini dengan hadis Ibnu Umar bahwa sesungguhnya Nabi Saw melakukan umrah sebelum beliau berhaji.

Hadis ini diriwayatkan Imam Bukhari. Juga berdasarkan hadis-hadis yang sudah populer bahwa Rasulullah Saw melakukan umrah sebanyak tiga kali sebelum beliau haji. Dan para sahabat dalam haji wada’ ada yang melakukan umrah sebelum haji, sebagian lagi melakukan haji sebelum umrah.

Baca Juga :  22 Perkara Ini Makruh Dilakukan saat Salat

Juga disebutkan dalam kitab Umdatul Qari sebagai berikut;

باب من اعتمر قبل الحج : أي هذا باب في بيان حكم من اعتمر قبل أن يحج هل يجزيه أم لا؟ أن  عكرمة بن خالد  سأل ابن عمر رضي الله تعالى عنهما عن العمرة قبل الحج فقال لا بأس

Bab tentang orang yang umrah sebelum haji, artinya ini adalah bab dalam menjelaskan hukum orang yang umrah sebelum dia berhaji, apakah hal itu mencukupi atau tidak? Sesungguhnya Ikrimah bertanya pada Abdullah bin Umar mengenai umrah sebelum haji. Ibnu Umar menjawab; Hal itu tidak masalah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here