Hukum Melaksanakan Shalat Dhuha 8 Rakaat Sekali Salam

0
364

BincangSyariah.Com – Menurut kebanyakan ulama Syafiiyah, jumlah rakaat minimal shalat Dhuha adalah dua rakaat dan paling banyak delapan rakaat. Shalat Dhuha lebih baik dilakukan dua rakaat dengan satu kali salam, walaupun boleh juga dilakukan empat rakaat sekaligus dengan sekali salam. Namun bagaimana jika dilakukan delapan rakaat sekaligus dengan sekali salam, apakah boleh?

Di antara shalat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan adalah shalat sunah Dhuha. Di kalangan ulama Syafiiyah, shalat Dhuha disebut sunnah muakkadah atau shalat sunnah yang sangat dianjurkan sekali untuk dilakukan. Ini berdasarkan hadis riwayat Ibnu Khuzaimah, dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

لا يحافظ على صلاة الضحى إلا أواب، وهي صلاة الأوابين

Tidaklah menjaga shalat sunnah Dhuha melainkan awwab (orang yang kembali taat). Inilah shalat awwabin.

Adapun mengenai hukum melakukan shalat Dhuha delapan rakaat dengan sekali salam, maka menurut ulama Syafiiyah, hal itu hukumnya boleh dan sah. Tidak masalah melakukan shalat Dhuha delapan rakaat dengan sekali salam, baik melakukan satu tasyahud di akhir rakaat, atau melakukan tasyahud setiap dua rakaat, maupun melakukan tasyahud setiap empat rakaat. Semuanya boleh dan sah.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Hawasyisy Al-Syarwani berikut;

ويجوز فعل الثمان بسلام واحد، وينبغي جواز الاقتصار على تشهد واحد في الأخيرة، وجواز تشهد في كل شفع من ركعتين أو أربع.

Diperbolehkan melakukan shalat Dhuha sebanyak delapan rakaat dengan sekali salam. Dan mestinya boleh hanya melakukan satu kali tasyahud di akhir rakaat, boleh juga melakukan tasyahud setiap genap dua rakaat, atau setiap genap empat rakaat.

Meski demikian, namun sebaiknya melakukan shalat Dhuha delapan rakaat dengan empat kali salam, yaitu melakukan salam setiap dua rakaat. Hal ini karena Nabi Saw pernah melakukan shalat Dhuha delapan rakaat dan beliau melakukan salam setiap genap dua rakaat.

Baca Juga :  Bacaan Istigfar Nabi Saw Setelah Salat Duha

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Hasyiyatul Bujairimi ‘ala Syarh Minhajit Thullab bahwa Imam Abu Daud meriwayatkan sebuah hadis berikut;

انه صلى الله عليه وسلم صلى سبحة الضحى اي صلاته ثمان ركعات يسلم من كل ركعتين

Sesungguhnya Nabi Saw melakukan shalat Dhuha delapan rakaat dan beliau melakukan salam setiap dua rakaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here