Hukum Lupa Membaca Doa Buka Puasa

0
7

BincangSyariah.Com – Ketika kita hendak berbuka puasa, kita dianjurkan untuk memperbanyak doa kepada Allah. Berdoa ketika hendak berbuka puasa akan dikabulkan oleh Allah. Terdapat beberapa hadis yang menyebutkan keutamaan berdoa sebelum berbuka puasa ini. (Baca: Doa Nabi Daud Ketika Selesai Berbuka Puasa)

Di antaranya adalah hadis riwayat Imam Al-Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

Ada tiga orang doanya tidak tertolak; Orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang didzalimi.

Juga berdasarkan hadis riwayat Ibnu Majah dari ‘Amr Ibnu Al-‘Ash, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

إِنَّ لِلصَّائِمِ عِنْدَ فِطْرِهِ لَدَعْوَةً مَا تُرَدُّ

Sesungguhnya orang yang berpuasa ketika berbuka memiliki doa yang tidak akan ditolak.

Salah satu doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika berbuka puasa adalah doa berikut;

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمَـأُ وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Allohumma laka shumtu wa ‘alaa rizqika afthortu dzahabadz  dzoma-u, wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru, insyaa allah.

Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka, telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, Insya Allah.

Berdasarkan dua hadis di atas, dan hadis-hadis lainnya, para ulama berpendapat bahwa berdoa sebelum berbuka hukumnya adalah sunnah dan sangat dianjurkan. Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Said bin Muhammad Ba’ali dalam kitab Busyral Karim berikut;

ويسنّ أن يقول عنده أي عند إرادته والأولى بعده: اللهم لك صمت وعلى رزقك أفطرت

Disunnahkan bagi seseorang ketika hendak berbuka, akan tetapi yang lebih utama setelah berbuka, untuk membaca doa; Allohumma laka shumtu wa ‘alaa rizqika afthartu.

Baca Juga :  Tujuh Manfaat bagi Orang yang Gemar Bersedekah

Karena membaca doa berbuka puasa ini hanya bersifat anjuran dan sunnah, maka tidak masalah jika seseorang lupa membaca doa buka puasa. Tidak berdosa orang yang sengaja meninggalkan membaca doa buka puasa, hanya saja dia tidak mendapatkan keutamaan saja. Begitu juga tidak masalah dan tidak berdosa orang yang tidak membaca doa berbuka puasa karena lupa, dan lain sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here