Hukum Lewat di Depan Orang Salat

0
653

BincangSyariah.Com – Ketika seseorang hendak melaksanakan salat, disunahkan untuk membuat pembatas terlebih dahulu di depannya. Imam Nawawi mengatakan dalam kitabnya Almajmu, bahwa pembatas tersebut bisa berupa dinding, garis, sajadah atau lainnya..

يستحب للمصلي أن يكون بين يديه سترة، من جدار، أو سارية، أو غيرهما

“Dianjurkan bagi orang yang salat untuk membuat pembatas di depannya, baik berupa dinding, tiang, atau lainnya.”

Pembatas tersebut dimaksudkan agar orang lain tidak lewat di depannya pada saat dia sedang salat. Jarak antara orang yang salat dan pembatas tersebut tidak lebih dari tiga hasta. Para ulama mengharamkan lewat di tengah-tengah orang yang salat dengan pembatasnya yang tidak melebihi tiga hasta.

Hal ini berdasarkan hadis riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim dari Sa’id Alkhudri, Nabi Saw. bersabda;

إذا صلَّى أحدُكُم إلى شيءٍ يستُرُهُ من الناسِ،فأرادَ أحَدٌ أنْ يَجتازَ بين يديْهِ، فليدفَعْهُ، فإنْ أبى فَليُقاتِلهُ، فإنما هو شيطانٌ

“Jika salah seorang dari kalian salat menghadap sesuatu yang ia jadikan pembatas dari orang lain, kemudian ada seseorang yang mencoba lewat di antara ia dengan pembatas tersebut, maka cegahlah. Jika dia enggan dicegah, maka tolaklah dia dengan keras, karena sesungguhnya dia adalah setan.”

Bagaimana jika orang yang salat tidak membuat pembatas, apakah haram lewat di depannya?

Sebagian ulama mengatakan makruh lewat di depan orang yang salat namun tidak membuat pembatas dalam jarak tiga hasta. Ulama lain tetap mengharamkan lewat di depan orang yang salat meski tidak membuat pembatas dalam jarak tiga hasta.

Keharaman ini didasarkan pada hadis riwayat Imam Bukhari dari Juhaim Alanshari, Nabi Saw. bersabda;

لَوْ يَعْلَمُ الْمَارُّ بَيْنَ يَدَيِ الْمُصَلِّي مَاذَا عَلَيْهِ لَكَانَ أَنْ يَقِفَ أَرْبَعِينَ خَيْرًا لَهُ مِنْ أَنْ يَمُرَّ بَيْنَ يَدَيْهِ

Baca Juga :  Apakah Tersenyum Membatalkan Salat?

“Seandainya seseorang yang lewat di hadapan orang yang salat itu tahu sebesar apakah dosanya, maka berhenti menunggu selama 40 tahun adalah lebih baik baginya daripada ia melintas di hadapan orang yang salat itu.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.