Hukum Bertakbir dalam Shalat Setelah Membaca Surah Al-Dhuha

0
1019

BincangSyariah.Com – Sudah maklum bersama bahwa setelah membaca surah Al-Dhuha hingga surah Al-Nas kita disunnahkan untuk membaca takbir. Umumnya, kita hanya membaca takbir apabila kita membaca surah Al-Dhuha hingga Al-Nas di luar shalat. Sementara apabila membaca di dalam shalat tidak membaca takbir. Sebenarnya, bagaimana hukum bertakbir dalam shalat setelah membaca surah Al-Dhuha dan surah setelahnya?

Menurut para ulama, membaca takbir setelah membaca surah Al-Dhuha hingga akhir surah hukumnya sunnah. Kesunnahan membaca takbir ini berlaku baik ketika kita membaca surah Al-Dhuha dan surah setelahnya di dalam shalat maupun di luar shalat.

أفتى أبو زرعة وأبو حويرث وأحمد بن علي بحير بندب التكبير لمن قرأ من سورة الضحى إلى آخر القرآن في الصلاة وخارجها ، سواء الإمام والمأموم والمنفرد قياساً على سؤال الرحمة

Abu Zur’ah, Abu Huwairits dan Ahmad Bin Ali Buhair memberi fatwa mengenai kesunnahan membaca takbir bagi orang yang membaca surat Al-Dhuha hingga akhir surat Al-Quran baik dalam shalat ataupun di luar shalat, baik imam ataupun makmum atau sholat sendirian dengan menyamakan pada minta turunnya rahmat.

Dalam kitab Al-Fatawa Al-Haditsiyah Libni Hajar juga dijelaskan mengenai kesunnahan membaca takbir ini, baik di luar shalat maupun di dalam shalat. Ibnu Hajar berkata;

ولا فرق في ندْب التكبير بين المصلي وغيره ، فقد نقل أبو الحسن السخاوي بسنده عن أبي يزيد القرشي قال : صليت بالناس خلف المقام بالمسجد الحرام في التراويح في شهر رمضان ، فلما كانت ليلة الجمعة كبَّرتُ ، من خاتمة الضحى إلى آخر القرآن في الصلاة فلما سلمتُ التفتُ فإذا بأبي عبد الله محمد بن إدريس الشافعي رضي الله عنه فقال . أحسنت أصبت السنة .

Baca Juga :  Ada Apa di Bulan Sya’ban?

Tidak ada bedanya mengenai kesunnahan bertakbir antara orang yang shalat maupun lainnya. Abu Al-Hasan Al-Sakhawi melalui sanadnya mengutip dari Abu Yazid Al-Qurasyi, dia berkata; ‘Saya shalat Tarawih dengan makmum di belakang Masjidil Haram di bulan Ramadhan. Ketika malam Jumat, saya bertakbir sejak dari selesai membaca surah Al-Dhuha hingga akhir surah Al-Quran di dalam shalat. Ketika saya salam, saya menoleh dan ketemu dengan Muhammad bin Idris Al-Syafii. Muhammad bin Idris Al-Syafii berkata, ‘Kamu benar telah melakukan sunnah.’

Melalui penjelasan di atas, maka dapat diketahui bahwa bertakbir di dalam shalat setelah membaca surah Al-Dhuha hingga akhir surah Al-Quran hukumnya adalah sunnah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here