Hukum Berpuasa pada Hari Nishfu Sya’ban

0
8

BincangSyariah.Com – Terdapat sebagian orang yang sengaja melakukan puasa di hari Nishfu Sya’ban, yaitu hari tanggal 15 bulan Sya’ban. Dalam Islam, bagaimana hukum berpuasa pada hari Nishfu Sya’ban ini, apakah dianjurkan?

Para ulama sepakat bahwa melakukan puasa pada hari Nishfu Sya’ban, yaitu hari tanggal 15 bulan Sya’ban hukumnya dibolehkan. Tidak masalah bagi seseorang melakukan puasa di hari tersebut, baik sebelum hari tersebut berpuasa atau tidak berpuasa.

Bahkan melakukan puasa di hari Nishfu Sya’ban hukumnya adalah sunnah dan dianjurkan. Hal ini karena hari Nishfu Sya’ban masih termasuk Ayyamul Bidh yang dianjurkan untuk melakukan puasa dalam Islam.

Dalam kitab Mardhatur Rahman fi A’mal wa Awrad Lailatin Nishfi Min Sya’ban, Syaikh Ibrahim Yahya Al-Darsi menyebutkan bahwa di antara perkara yang dianjurkan untuk dilakukan dalam rangka menyambut malam Nishfu Sya’ban adalah berpuasa pada tanggal 13 dan 14 bulan Sya’ban, kemudian disempurnakan dengan berpuasa pada hari Nishfu Sya’ban.

Ibrahim Yahya Al-Darsi berkata sebagai berikut;

القسم الثاني ما هو ينبغي فعله قبلها..تاسعا: صيام ايام البيض وهو يوم الثالث عشر والربع عشر والخامس عشر فقد روي عن النبي صلى الله عليه واله وسلم انه قال: من صام ثلاثة ايام من الشهر اذهب الله عنه وحر الصدر قيل وما وحر الصدر يا رسول الله قال اثمه وغله فذا صام المسلم يومين قبل هذه الليلة وصام الذي بعدها كان قد حاز خيرا وفيرا واجرا كثيرا

Bagian kedua adalah penjelasan mengenai perkara yang sebaiknya dilakukan sebelum malam Nishfu Sya’ban..Kesembilah; Berpuasa pada Ayyamul Bidh, yaitu hari tanggal 13, 14, dan 15. Diriwayatkan dari Nabi Saw bahwa beliau pernah bersabda; Barangsiapa berpuasa tiga hari dari setiap bulan, maka Allah akan menghilangkan dari wahr al-shadr. Ada yang sahabat yang bertanya; Apa wahr al-shadr itu, wahai Rasulullah? Beliau menjawab; Yaitu dosa dan dengkinya hati. Karena itu, jika seorang muslim berpuasa dua hari sebelum malam Nishfu Sya’ban, dan berpuasa sehari setelah malam Nishfu Sya’ban (hari Nishfu Sya’ban), maka telah mengumpulkan kebaikan yang melimpah dan pahala yang banyak.

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here