Hukum Berdoa di Sujud Terakhir Shalat

0
19

BincangSyariah.Com – Terdapat sebagian orang yang memperlama sujud terakhir dalam shalat. Tentu tujuannya, selain membaca tasbih, adalah agar dia bisa berdoa lebih banyak kepada Allah dalam sujud terakhir. Bagaimana hukum berdoa di sujud terakhir dalam shalat?

Ketika kita sedang melaksanakan shalat, kita dianjurkan untuk memperbanyak berdoa kepada Allah dalam sujud, baik di dalam sujud terakhir dan lainnya. Hal ini karena berdoa di waktu sujud dalam shalat, termasuk sujud terakhir, pasti dikabulkan oleh Allah.

Ini berdasarkan hadis riwayat Imam Muslim dan Abu Daud, dari Ibnu Abbas, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

أَلا وَإِنِّي نُهِيتُ أَنْ أَقْرَأَ الْقُرْآنَ رَاكِعًا أَوْ سَاجِدًا، فَأَمَّا الرُّكُوعُ فَعَظِّمُوا فِيهِ الرَّبَّ عَزَّ وَجَلَّ ، وَأَمَّا السُّجُودُ فَاجْتَهِدُوا فِي الدُّعَاءِ فَقَمِنٌ – أي جدير وحقيق – أَنْ يُسْتَجَابَ لَكُمْ

Sesungguhnya aku dilarang untuk membaca Al-Quran ketika rukuk dan sujud. Adapun ketika rukuk, maka agungkanlah Tuhanmu, adapun pada waktu sujud, maka bersungguh-sungguhlah berdoa sebab saat itu sangat tepat untuk dikabulkan.

Dalam hadis lain disebutkan bahwa ketika sujud, kita dianjurkan untuk memperbanyak berdoa karena sujud merupakan waktu terdekat hubungan kita dengan Allah. Hadis dimaksud diriwayatkan oleh Imam Muslim, Imam Abu Daud dan Imam Al-Nasai, dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

أَقْرَبُ مَا يَكُونُ العَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ ، فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ

Momentum terdekat seorang hamba dan Tuhannya adalah ketika sujud. Oleh karena itu, perbanyaklah berdoa.

Menurut para ulama, kita boleh berdoa apa saja di waktu sujud, baik berdoa dengan sesuatu yang berkaitan dengan urusan dunia maupun akhirat. Karena itu, jika kita punya hajat tertentu, maka kita boleh memintanya kepada Allah pada saat kita sujud dalam shalat, baik di waktu sujud terakhir dan lainnya. (Baca: Ragam Zikir yang Dapat Dibaca Saat Sujud)

Baca Juga :  Syarat Khutbah Idulfitri

Ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu’ berikut;

مذهبنا أنه يجوز أن يدعو فيها بكل ما يجوز الدعاء به خارج الصلاة من أمور الدين والدنيا وله: اللهم ارزقني كسباً طيباً وولداً وداراً وجارية حسناء يصفها، واللهم خلص فلاناً من السجن وأهلك فلاناً وغير ذلك. ولا يبطل صلاته شيء من ذلك عندنا

Mazhab kami berpendapat bahwa seseorang boleh berdoa dengan semua hal yang boleh berdoa dengannya di luar shalat, baik berkaitan dengan urusan agama maupun urusan dunia. Boleh baginya berdoa; ‘Ya Allah, berilah aku rizeki dengan usaha yang baik, anak, rumah, anak perempuan yang cantik, sesuai dengan keinginannya.’ Boleh baginya juga berdoa; ‘Ya Allah, lepaskan fulan (nama seseorang) dari penjara, dan celakakan fulan (nama seseorang), dan doa lainnya.’ Dan doa-doa itu tidak membatalkan shalatnya, menurut pendapat kami.

Dengan demikian, berdoa di sujud terakhir dalam shalat, atau di sujud-sujud lainnya, hukumnya adalah boleh, bahkan sangat dianjurkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here