Hikmah Penyebutan Nabi Ibrahim dalam Bacaan Salawat

1
2578

BincangSyariah.Com – Salah satu rukun salat adalah melaksanakan tasyahud akhir. Bacaan yang wajib dibaca ketika tasyahud akhir adalah sampai bersalawat kepada Nabi saw. Sedangkan salawat kepada keluarga Nabi Saw. dan kepada Nabi Ibrahim serta keluarganya berhukum sunah menurut mazhab Syafii.

Namun, yang menjadi pertanyaan adalah mengapa Nabi Saw. mengajarkan kepada umatnya untuk bersalawat kepada Nabi Ibrahim a.s bukan nabi-nabi lainnya? Apa hikmahnya? Berikut ulasannya.

Imam Badruddin Al Aini ketika memberikan komentar dalam Syarh Sunan Abi Daud menjelaskan tentang hikmah dibalik penyebutan Nabi Ibrahim di dalam tasyahud akhir. Imam Badruddin Al Aini mengatakan bahwa Nabi Muhammad Saw. ketika melaksanakan mikraj (perjalanan Nabi Saw. dari masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha) dapat melihat semua nabi dan rasul.

Nabi Muhammad Saw. pun mengucapkan salam pada setiap nabi-nabi yang beliau temui. Namun, masing-masing dari para nabi tersebut tidak ada yang mau memberikan salam untuk umat Nabi Muhammad Saw. selain Nabi Ibrahim a.s.

Oleh karena itu, Nabi Muhammad Saw. memerintahkan kepada umatnya untuk bersalawat kepada Nabi Ibrahim a.s. di akhir setiap melaksanakan salat (tasyahud akhir) hingga hari kiamat. Untuk membalas kebaikan Nabi Ibrahim a.s. yang mau memberikan salam kepada umat Nabi Muhammad Saw. ketika peristiwa Mi’raj.

Namun ada pula pendapat lain yang mengatakan bahwa Nabi Ibrahim a.s. ketika selesai membangun Kabah, beliau memanggil umat Nabi Muhammad sSw. seraya bersabda:

اللهم من حج هذا البيت من أمة محمد فهبه مني السلام

“Ya Allah, bagi orang yang haji ke rumah ini dari Umat Muhammad, maka berikanlah ia salam dariku.”

Di dalam panggilan ini, Nabi Ibrahim juga memanggil keluarga Nabi Muhammad dan anak-anaknya. Demikianlah hikmah dibalik perintah Nabi Saw. kepada umatnya agar membaca salawat untuk Nabi Ibrahim a.s. dan keluarganya di dalam tasyahud akhir setiap melaksanakan salat sebagai balasan kepada beliau yang dengan rendah hati mau memberikan salam kepada umat Nabi Muhammad Saw.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here