Hikmah Delapan Posisi Shalat

0
516

BincangSyariah.Com – Hasil penelitian Syaikh Hakim Abu Abdullah Ghulam Mounuddin yang dituliskan dalam majalah Alia menyimpulkan bahwa ada delapan posisi gerakan dalam shalat yang memberikan efek positif pada kesehatan fisik dan mental seseorang. Delapan posisi serta manfaatnya adalah sebagai berikut:

Posisi pertama, berdiri tegak menghadap kiblat saat mengucapkan niat shalat. Gerakan ini dapat melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, melancarkan getah bening dan memperkuat otot lengan ketika lengan meregang saat takbiratul ihram. Selain itu, posisi punggung lurus akan memperbaiki postur tubuh dan pandangan menjadi lebih tajam dengan memfokuskan pada tempat sujud. Gerakan takbiratul ihram dan pengucapan kalimat Allahu Akbar dapat melapangkan sistem pernapasan dan mengontrol denyut jantung.

Posisi kedua, berdiri dengan kedua tangan diletakkan di dada. Efek posisi ini adalah memperpanjang konsentrasi sekaligus menyebabkan pengenduran kaki dan punggung, serta menimbulkan perasaan kerendahan hati dan kesederhanaan. Posisi ini juga menunjukkan sikapp rileks atau istirahat paling sempurna. Yang lebih penting, aliran darah pada posisi ini kembali ke jantung, produksi getah bening, dan jaringan yang terkumpul dalam kantong-kantong kedua persendian menjadi lebih baik sehingga mencegah timbulnya penyakit persendian.

Posisi ketiga, ruku’. Posisi ini dapat melonggarkan otot-otot punggung bagian bawah, paha dan betis. Selain itu gerakan ini juga melonggarkan otot-otot perut, abdomen, dan ginjal, Gerakan ini dapat pula mencegah atau menyembuhkan penyakit scolise (pembengkakan tulang punggung) karena pada saat rukuk posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) berada pada posisi sempurna sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf.

Posisi keempat, I’tidal. Pada gerakan ini organ-organ pencernaan dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya, pencernaan menjadi lebih lancar dan pembentukan postur tubuh yang tegap dan lurus akan lebih mudah dibentuk.

Posisi Kelima, …….. (Selengkapnya klik BincangMuslimah.Com)

Baca Juga :  Hukum Membaca Puji-pujian Shalawatan Sebelum Melaksanakan Shalat Berjemaah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here