Haram Zakat dan Sedekah untuk Keluarga Nabi

0
303

BincangSyariah.Com – Silsilah Nabi ialah Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthalib bin Hasyim. Hasyim disini memiliki saudara-saudara yang membentuk klan tersendiri yang sama-sama merupakan keturunan Abdu Manaf. Klan tersebut ialah Bani Hasyim, Bani Muthalib, Bani Naufal dan Bani ‘Abdu Syamsy.

Pada peristiwa pembagian khumus (hak seperlima) dari harta pampasan perang, Nabi membagikan hak tersebut pada Bani Hasyim dan Bani Muthalib. Salah satu hadits beliau menyebutkan:

Sesungguhnya mereka (Bani Muththalib) tidak meninggalkan kami, baik pada zaman jahiliyah ataupun zaman Islam. Bani Hasyim dan Bani Muththalib adalah satu.” Kemudian–untuk menunjukkan hal ini–Nabi menggenggam kedua tangannya.

Dari peristiwa ini, kemudian ulama menyimpulkan bahwa setiap kali nabi menyebutkan kata “keluarga” Nabi, maka yang dimaksud ialah Bani Muthalib dan Bani Hasyim.

Dalam persoalan lain yakni zakat dan sedekah, Nabi menyebutkan bahwa “keluarga” Nabi tidak berhak menerima zakat maupun sedekah karena telah tercukupi dengan bagian khumus dan pertimbangan lain ialah karena zakat ataupun sedekah merupakan “kotoran” harta manusia. Sebagaimana kita tahu, sedekah dan zakat ialah ibadah yang bertujuan untuk membersihkan harta, maka harta yang dialokasikan untuk zakat dan sedekah dianggap sebagai “kotoran” yang terbersihkan. Hadis tersebut berbunyi:

اِنَّ هَذِهِ الصَّدَقَةَ أَوْسَاخُالنَّاسِ وَأِنَّهَالاَتَحِلُّ لِمُهَمَّدٍوَلاَلِآ لِ مُحَمَّدٍ

“Sesungguhnya sdekah (zakat) adalah kotoran manusia, tidak halal untuk Muhammad dan keturunan Muhammad”. (HR. Muslim)

Lebih spesifik, Nabi bahkan pernah mengeluarkan sedekah yang berada di mulut Sayyid Hasan (cucu Nabi yang masih kecil) yang dimasukkannya sendiri (oleh Hasan), seraya bersabda:

كَجْ،كَخْ،اَنَّا آلُ مُحَمّدٍ لاَتَحِلُّ لَنَا الصَّدَقَاتُ

“Ekh-ekh (isyarat untuk mengeluarkan dari mulut), kita adalah keluarga Muhammad, sedekah tidak halal bagi kita.” (HR. Bukhori dan Muslim).

Baca Juga :  Anjuran Menyembunyikan Puasa Syawal

Dari hadis-hadis tentang tidak bolehnya sedekah untuk keluarga Nabi, kita dapat menyimpulkan bahwa sedekah ataupun zakat tidak boleh kita berikan kepada dan tidak boleh diterima oleh keluarga Nabi yang merupakan klan keturunan Hasyim dan Muthalib.

Wallahu A’lam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here