Hal-hal yang Disunahkan Saat Meminum Air Zamzam

1
847

BincangSyariah.Com – Air zamzam merupakan salah satu air yang berkah peninggalan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Meminum air zamzam menjadi suatu keberkahan tersendiri bagi umat Muslim. Hingga kini para jamaah haji atau umrah tidak ketinggalan menyempatkan diri membawa air zamzam dari Tanah Suci ke Tanah Air. Terdapat hal-hal sunah berkaitan dengan air zamzam menurut Imam al-Mawardi sebagaimana dikutip Syekh Abu Bakar Syatha dalam I‘anatut Thalibin berikut ini.

وقال الماوردي: ويسن أن ينضح منه على رأسه ووجهه وصدره، وأن يتزود من مائها، ويستصحب منه ما أمكنه.

Imam al-Mawardi berkata, disunahkan menyiprati air zamzam ke kepala, wajah, dan dada. Disunahkan juga berbekal air zamzam dan membawanya secukupnya.

 

Selain itu, disunahkan juga melakukan hal berikut saat meminum air zamzam. (Baca: Doa Sahabat Ibnu Abbas Saat Meminum Air Zamzam)

Pertama, menghadap kiblat.

Kedua, membaca doa.

اللهم إنه بلغني عن نبيك – صلى الله عليه وسلم – أنه قال: ماء زمزم لما شرب له.

Allohumma innahu balaghoni ‘an nabiyyika saw. annahu qola ma’u zamzama lima syuriba lah.

Ya Allah, telah sampai kepadaku bahwa Nabi-Mu pernah bersabda, “Air zamzam itu berfungsi sesuai yang diinginkan saat meminumnya.”

Ketiga, membaca basmalah. Keempat, meminum air zamzam dalam tiga kali bernafas. Semoga kita dapatkan mengamalkan sunah-sunah yang berkaitan dengan air zamzam sebagaimana disebutkan oleh ulama kita. Wallahualam bis showab.

Baca Juga :  Sebaiknya Daging Akikah Dibagikan Mentah atau Masak?

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here