Hafalan Alquran Masih Belum Lancar, Apa Kata Rasulullah?

1
729

BincangSyariah – Terdapat banyak keistimewaan Alquran yang telah Rasulullah Saw sebutkan. Salah satunya, Alquran akan menjadi syafaat bagi seseorang yang menghafal Alquran, bahkan ia bisa memberi syafaat kepada anggota keluarga lainnya.

Allah bahkan telah berjanji lewat penuturan Rasul-Nya bahwa Ia tidak akan menyiksa seseorang yang hatinya dipenuhi dengan Alquran. Allah bahkan tidak akan murka jika hambanya tersebut sampai lupa berdoa kepada-Nya sebab waktunya habis untuk Alquran.

Namun, sebagaimana menghafal Alquran itu susah, menjaga hafalan pun lebih susah. Seorang penghafal Alquran atau Hafiz Alquran harus sering mengulang-ulang hafalan tersebut agar hafalan semakin melekat dalam hatinya. Namun bagi seseorang yang masih belum lancar, jangan khawatir, sebab Rasul pernah bersabda

قال رسول الله «صلى الله عليه وسلم الذي يقرأ القرآن وهو ماهر به مع السفرة الكرام البررة والذي يقرأ القرآن وهو يتتعتع فيه وهو عليه شاق له أجران

Rasul Saw bersabda: Pembaca Alquran yang mahir beserta malaikat yang mulia sedangkan yang kesulitan baginya dua pahala (HR. Bukhari dan Muslim)

Berdasarkan hadis ini, para ahli ilmu berpendapat bahwa seseorang yang belum lancar membaca Alquran tetap mendapatkan pahala asal ia bersungguh-sungguh dalam mempelajari cara membaca Alquran yang benar.

Namun menurut Imam Nawawi dalam At-Tibyan, kalimat yata’atta’ lebih pada seseorang yang tidak lancar bacaannya karena hafalan yang lemah. Sedangkan mahir lebih kepada orang yang hafalan Alqurannya sempurna serta tidak terdengar keragu-raguan dalam bacaannya karena ketepatan hafalannya.

Dalam hadis di atas, Rasulullah hanya menyebutkan dua pahala tanpa menjelaskan apa pahala tersebut. Menurut Imam Nawawi, dua pahala tersebut adalah pertama, ia akan tetap mendapatkan pahala membaca Alquran meski hafalan tidak lancar. Kedua, pahala karena bersusah payah dalam menghafal Alquran, kalau menurut Ibnu Atsir berkata, “yang terbata-bata dan tergagap-gagap melafalkan hafalan Alquran.”

Baca Juga :  Hukum Membuka Lembaran Alquran dengan Ludah

Wallahu’alam.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here