Fadhilah Puasa Memperbanyak Ketaatan dan Mensyukuri Nikmat Tuhan

2
407

BincangSyariah.Com – Imam Izzuddin bin Abdissalam di dalam kitabnya Maqashidus Shaum menjelaskan bahwa di antara fadhilah atau keutamaan berpuasa adalah sebagai ajang memperbanyak ketaatan-ketaatan dan mensyukuri nikmat Tuhan.

Betapa tidak, ketika kita berpuasa maka kita akan diasah untuk merasakan bagaimana rasanya lapar dan haus. Di saat itulah kita juga akan teringat penderitaan ahli neraka yang digambarkan akan merasakan lapar dan haus di sana. Maka, hal itulah yang kemudian mendorong kita untuk memperbanyak melakukan ketaatan-ketaatan kepada Allah swt. agar diselamatkan dari panasnya api neraka dan dimasukkan ke dalam surganya Allah swt.

Selain itu, fadhilah puasa juga adalah sebagai ajang mensyukuri nikmat Allah swt. Di mana ketika kita berpuasa, maka kita akan merasakan nikmatnya kenyang dan segarnya air minum. Lalu, kita pun akan mensyukuri hal itu. Karena sungguh kenikmatan itu hanya dapat diketahui ketika hal itu tidak ada atau hilang dari diri kita. Kita akan dapat mensyukuri nikmatnya lezatnya sarapan pagi dan siang ketika kita berpuasa.

Demikianlah salah satu fadhilah berpuasa, di mana kita diasah untuk memperbanyak melakukan ketaatan-ketaatan agar kita terhindar dari panasnya api neraka yang dihuni oleh orang-orang yang tidak dapat merasakan nikmatnya makan dan minum. Dan diasah untuk mensyukuri nikmat-nikmat Allah swt. yang selama ini jarang kita syukuri. Oleh karena itu, semoga di Ramadhan kali ini, kita dapat berinstropeksi diri untuk lebih semangat menjalankan ibadah, melakukan kebaikan-kebaikan, serta mensyukuri nikmat Tuhan. Aamiin. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Baca Juga :  Salat Iduladha Sendirian, Apakah Disunahkan Khutbah?

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here