Fadhilah Berpuasa: Ajang Memperbanyak Shadaqah

0
204

BincangSyariah.Com – Imam Izzuddin bin Abdissalam di dalam kitabnya Maqashidus Shaum menjelaskan bahwa salah satu fadhilah puasa adalah taktsirus shadaqaat atau ajang memperbanyak shadaqah.

Menurut imam Izzuddin hal ini disebabkan karena orang yang berpuasa jika ia lapar, maka ia juga akan ingat dengan orang yang juga merasakan lapar. Maka hal itulah yang mendorongnya untuk memberikan makan orang yang lapar. Karena sungguh orang-orang pecinta pasti akan dikasihi oleh orang yang mencintainya.

Selanjutnya imam Izzuddin menjelaskan bahwa Nabi Sulaiman atau Nabi Yusuf a.s. tidak akan makan sampai semua orang-orang yang bergantung dengannya makan. Ketika ditanyai tentang hal ini, beliau menjawab, “Saya khawatir saya kenyang lalu aku lupa dengan orang yang lapar.”

Demikianlah penjelasan dari imam Izzuddin bahwa salah satu fadhilah kita diperintahkan berpuasa satu bulan penuh di bulan Ramadhan adalah agar kita dapat merasakan rasanya lapar. Sehingga hal ini akan mengasah kepekaan kita akan derita orang-orang fakir dan miskin yang sering merasakan lapar meskipun tidak berpuasa. Maka, dengan kesadaran inilah yang mendorong kita untuk mau memperbanyak shadaqah kepada orang-orang yang membutuhkan.

Di dalam salah satu hadis riwayat imam Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah pun disebutkan bahwa Nabi saw. ketika bulan Ramadhan itu menjadi orang yang paling gemar bershadaqah. Bahkan saking semangatnya beliau dalam bershadaqah dan melakukan kebaikan diibaratkan seperti angin yang bertiup. (baca di sini)

Oleh sebab itu, maka marilah kita jadikan puasa Ramadhan ini sebagai ajang memperbanyak shadaqah yang kemudian dilanjutkan di bulan-bulan lainnya. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Baca Juga :  Jika Terkena Penyakit Menular, Apakah Boleh Tidak Shalat Jumat?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here