Enam Keadaan Istri Boleh Meminta Cerai Kepada Suami

109
176349

BincangSyariah.Com – Nabi Muhammad Saw telah mengatakan bahwa satu-satunya perkara halal yang paling dibenci Allah Swt. adalah perceraian. Karena itu, pada dasarnya meminta cerai kepada suami adalah hal yang tidak diperbolehkan kecuali memang terdapat sebab-sebab atas hal tersebut dan bukan hal sepele.

Rasulullah Saw bersabda

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: أيما امرأة سألت زوجها الطلاق من غير ما بأس فحرام عليها رائحة الجنة.

Rasulullah Saw bersabda, “Siapapun perempuan yang meminta talak kepada suaminya tanpa ada alasan maka haram baginya wewangian surga. (HR. Abu Daud dan Tirmizi)

Bagi para istri yang meminta cerai dikatakan tidak akan bisa mencium bau wangi surga apalagi masuk surga itu sendiri. Hal tersebut karena sebagaimana disebutkan tadi, cerai adalah perkara yang dibenci Allah Swt. sekalipun dihalalkan.  Namun jika dalam kondisi tertentu yang tidak tertahankan yang memaksa istri minta cerai maka dibolehkan.

Berikut enam keadaan istri boleh meminta cerai kepada suami;

Pertama. Suami tidak mampu memenuhi hak-hak istri, seperti nafkah, pergaulan yang baik, dan tempat tinggal yang layak. Termasuk dalam kasus ini jika suami sangat pelit dan perhitungan memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar istri.

Ibnu Qudamah dalam al-Mughni mengatakan termasuk dalam hal ini jika suami tidak mau memberi nafkah istri baik karena tidak ada yang bisa dia berikan sebagai nafkah atau yang lain, sehingga seorang perempuan menjadi bimbang antara bersabar atau minta berpisah.

Kedua. Suami merendahkan istri dengan memukulnya, melaknat dan mencela sang istri. Sekalipun hal tersebut bukan tindakan yang berulang-ulang. Apalagi jika suami melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) tanpa ada sebab syar’I yang mengharuskan dia melakukan itu.

Baca Juga :  Saat Berdoa di Lima Malam Ini, Doa Kita Pasti Cepat Terkabul

Islam melarang suami melakukan KDRT baik secara verbal atau non verbal. Karena itu Istri berhak meminta cerai jika suami melakukan kekerasan yang jelas terlihat seperti ada bekas pukulan dan sebagainya  walaupun tidak ada saksi.

Ketiga. Suami pergi dalam waktu yang sangat lama. sehingga istri menghadapai keadaan gawat darurat dengan sebab ditinggal suami.  Lamanya kepergian tersebut hingga lebih dari enam bulan sehinga dikhawatirkan terjadi fitnah yang menimpa sang istri. Sebagaimana hal itu diterangkan dalam al-Mughni

وسئل أحمد أي ابن حنبل رحمه الله: كم للرجل أن يغيب عن أهله؟ قال: يروى ستة أشهر.

Ibnu Qudamah berkata, “ Imam Ahmad, yaitu Ibn Hanbal rahimahullah ditanya, ‘berapa lama bagi laki-laki menghilang dari keluarganya?” dia berkata, “diriwayatkan enam bulan”

Keempat. Suami ditahan untuk waktu yang lama, ini menurut pendapat madzhab malikiyah dalam al-mausu’ah al-fiqhiyah al-kuwaitiyah. Madzhab malikiyah membolehkan cerai bagi orang yang ditahan jika istrinya meminta, karena dengan dipenjaranya sang suami menyebabkannya dalam keadaan darurat. Itu diperbolehkan setelah setahun penahanan. Karena ditahan sama dengan tidak ada baik ketidakadaan suami karena uzur seperti ditahan atau tanpa uzur, itu diperbolehkan minta cerai.

Kelima. Jika suami divonis memiliki penyakit menular atau penyakit impoten, atau penyakit berbahaya lainnya.

Keenam. Fasiknya suami sebab melakukan dosa-dosa besar, atau tidak melaksanakan kewajiban-kewajiban fardu yang mana jika suami tidak melakukannya bisa menyebabkan kekafiran atau rusaknya akad nikah.

Sedangkan istri sudah bersabar atas kelakuannya dan menasehatinya agar berubah namun suami tetap melakukan dosa-dosa tersebut maka pada kondisi ini istri berhak meminta cerai dan jika suami menolak, ia bisa menaikkan perkaranya ke persidangan.

Meskipun dalam beberapa keadaan di atas istri dibolehkan meminta cerai kepada suami, perlu diingat sekali lagi bahwa cerai adalah perkara yang meskipun halal namun dibenci oleh Allah Swt. Jadi, sebelum benar-benar bulat keputusan untuk meminta cerai, agar dipikirkan kembali keputusan tersebut. Apalagi perceraian juga sedikit banyak akan berpengaruh terhadap perkembangan jiwa anak-anak. Wallahu’alam.

109 KOMENTAR

  1. Jika Suami pernah mengucapkan Kata talak lebih Dari 3x Dlm satu hari Walaupun itu hanya sekedar Kata gurauan apakah Itu sdh Termasuk bercerai Dlm hukum Agama… Lalu Bagaimana solusi untuk masalah ini…

  2. Pertama. Suami tidak mampu memenuhi hak-hak istri, seperti nafkah, pergaulan yang baik, dan tempat tinggal yang layak. Termasuk dalam kasus ini jika suami sangat pelit dan perhitungan memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar istri.

    Ibnu Qudamah dalam al-Mughni mengatakan termasuk dalam hal ini jika suami tidak mau memberi nafkah istri baik karena tidak ada yang bisa dia berikan sebagai nafkah atau yang lain, sehingga seorang perempuan menjadi bimbang antara bersabar atau minta berpisah.

    Cari2 di seblh smua tidak memperbolehkan sang istri mnceraikan suami bila sedang sakit..
    Saya seorang suami yg ciri dan tidak sanggup bkrja dngn baik dan tidak mampu mncukupi nafkah keluarga..
    artinya saya sah bila di ceraikan..??
    sesungguhnya saya tidak ingin pisah..
    tpi saya kasihan dengan istri saya, karena susah payah mncari nafkah..

    Saya cuma ingin istri saya bahagia..

  3. Istri minta cerai Krn CLBK dgn mantan pacarnya dismp efek dari FB group akhirnya reunian dan berlanjut…
    Yg ditanyakan…
    Dia minta cerai tapi nuntut biaya hidup anak sedangkan bapaknya lagi pailit..
    Enak banget Bapak barunya????

    • KEWAJIBAN AYAH MEMBERI NAFKAH ANAK

      Suami wajib menafkahi anaknya walaupun dia sudah bercerai dari istrinya sampai anak itu dewasa yakni berusia menimal 21 tahun.

      Dalam KHI (Kompilasi Hukum Islam) Pasal 156 Bab 17 tentang Akibat Putusnya Perkawinan dengan tegas :

      d. semua biaya hadhanah dan nafkah anak menjadi tanggung jawab ayah menurut kemampuannya, sekurang-kurangnya sampai anak tersebut dewasa dapat mengurus diri sendiri (21 tahun)
      e. bilamana terjadi perselisihan mengenai hadhanah dan nafkah anak, Pengadilan Agama memberikan putusannya berdasrkan huruf (a),(b), dan (d);
      f. pengadilan dapat pula dengan mengingat kemampuan ayahnya menetapkan jumlah biaya untuk pemeliharaan dan pendidikan anak-anak yang tidak turut padanya.

  4. Salah gak saya sebagai istri minta kewajiban buat suami untuk minta nafkah..
    sedangkan suami memang kerja tapi uang nya disimpen sendiri buat keperluan keluarga nya..
    & itu terus menerus jumblah nyh tak sedikit pula..
    sedangkan saya suruh kerja klo saya nganggur hidup slalu kekurangan mkn sehari hari pake uang saya jadi berasa aku tulang punggung nya.
    Dosakah aku jika aku minta cerai..
    mohon solusi nya pak.

  5. Kalau suami sering cepat2 marah gak jelas gitu blh gak istri minta cerai? soalnya sering selalu beda pendapat kalau dikasih saran yg baik marah2..

  6. Saya dan suami menikah hampir setahun,tapi dari pertama menikah sampai sekarang suami belum pernah memberi nafkah batin untuk saya,tidur pun terkadang dia pisah ranjang dari saya,bahkan dia tidak perhatian pada saya,terkesan dingin kepada saya.Dia pernah berkata pada saya dia belum ingin punya anak,sehingga dia tidak menyentuh saya(berhubungan badan).Dia juga bekerja jauh dari saya pulang dalam 2 bulan sekali,dan selama dia bekerja komunikasi juga jarang,saya sudah tidak tahan seperti ini,komunikasi jarang,perhatian juga tidak,setiap pulang dirumah seminggu tidur pun pisah ranjang,bolehkah saya menuntut cerai???

  7. Saya dan suami menikah hampir setahun,tapi dari pertama menikah sampai sekarang suami belum pernah memberi nafkah batin untuk saya,tidur pun terkadang dia pisah ranjang dari saya,bahkan dia tidak perhatian pada saya,terkesan dingin kepada saya.Dia pernah berkata pada saya dia belum ingin punya anak,sehingga dia tidak menyentuh saya(berhubungan badan).Dia juga bekerja jauh dari saya pulang dalam 2 bulan sekali,dan selama dia bekerja komunikasi juga jarang,saya sudah tidak tahan seperti ini,komunikasi jarang,perhatian juga tidak,setiap pulang dirumah seminggu tidur pun pisah ranjang,bolehkah saya menuntut cerai???

  8. Istri bukan sekali saja minta cerai, setiap di ksh duit kurang minta cerai gimana nich istri yg model gini, anak3orang, nikah sudah 18 thn, istri sering ngutang pula walau dia bekerja tapi kebutuhan kurang. Kalau dinasehati beralasan cari duit sendiri cape sendiri. Saya suaminya bawa duit byk agak tenang, sering kena marah jika plg bawa duit dikit apalagi ngak bawa duit….gimana solusinya nich?

  9. kalo kasus nya seperti saya bagaimana?melihat suami membaca artikel2 tentang wanita2 penghibur..ya walaupun saya ga tau apa pernah dia melakukan itu dibelakang saya. apa saya boleh menggugat cerai karena saya merasa tidak dihargai. daripada dipertahankan yg nanti nya saya takut mengganggu mental anak kalau seandainya mereka tau kelakuan ayah nya diluar sana

  10. suami saya mudah marah dan tersinggung pada saya, jika marah sering berkata kata kasar pada saya, bahkan untuk penampilan wlupun cara berpakaian saya sudah sopan dia selalu mengkritik dan ini membuat saya jengah. dari awal pernikahan hingga skrg dia sllu mecurigai saya yg bkn2, pdhl tak sekalipun prasangkanya terbukti. jika anak saya dirumah neneknya, saya kesepian dan ingin dia ajak mengobrol tapi sayangnya dia lebih memilih bekerja depan laptop atau ngobrol dg teman2nya. tp yg lbh menyakitkan dia sptnya suka malu jika membawa saya ke hadapan teman2nya, mungkin krn saya cuma irt bkn wanita karir. sdh lama saya kepikiran ingin cerai krn sptnya pernikahan ini tak membuat saya nyaman. saya minta pendapat ustad? terima kasih

  11. Bolehkah saya minta cerai pada suami, karena suami tidak memilik rasa percaya kepada saya, contohnya keuangan dia yg pegang, saya hanya diberi 300/minggu, untuk dapur dan biaya dua org ank,klw saya kerja selalu dicurigai punya lelaki lsin diluar sana, klw lg pegang hp katanya lg chat sm lelaki lain, saya juga prnh mengalami KDRT, begitu juga kpada anak saya suami mau memukul, klw suami memukul pasti bagian kepala yg dipukul, suami juga kasar dlm berbicara, pemarah mudah emosi, tolong jawabannya….?!!!

  12. saya menasehati suami yang suka mabuk mabukan, suka keluyuran malam dan tidak tau waktu kadang pulang pagi hanya untuk bermain dengan teman temannya, saya sudah mencoba menasehatinya tapi suami saya tidak terima dan melakukan kdrt . apakah saya boleh meminta cerai? setelah kejadian kdrt saya pulang kerumah ibu saya dan hampir 2bln suami saya tidak ada datang padahal kami sudah mempunyai anak. awalnya saya ingin rujuk kembali dan memafkannya namun hingga saat ini tidak ada datang menemui kami.

  13. Sy tidak pernah minta cerai tp walau suami sering menghina merendahkan secara baik dg kata-kata atau pun juga dengan kdrt, rumah tangga sdh berjaan 18 th, kami punya 3 anak, sy bertahan terus, anak ada satu terkena epilepsi dan belakangan sering kambuh karena stress melihat kondisi orangtua. Papanya sdh hampir 9 bln meninggalkan rumah berencana mau menceraikan sy, mengaku kpd orangtua tdk ada perempuan lain tapi anak saya menemukan bukti sms papanya berkata-kata mesra dengan perempuan lain. Kondisi psikis anak merasa terguncang semua tapi, sang bpk melihat hal tesebit tdk terketuk hati nuraninya, hanya berkata itu resiko bercerai ya harus dijalani.
    Saya merasa tidak rega terhadap anak anak krn merasa tdk bs terima keinginan bpknya utk pisah terutama bagi anak sy yg epilepsi. Saya hanya bisa berdoa dan pasrah kpd-Nya. Anak sy yg paling kecil malah sama sekali tdk mau menerima bpknya lagi krn ia melihat sendiri ketika sy dipukuli bpknya dan ia yg menghalagi bpknya yg ingin memukul dengan kursi. Menurut anda melihat dilema seperti ini saya hrs bagaimana….

  14. Saya tidak minta cerai walau suami sering menghina merendahkan secara baik dg kata-kata atau pun juga dengan kdrt, rumah tangga sdh berjaan 18 th, kami punya 3 anak, sy bertahan terus, anak ada satu terkena epilepsi dan belakangan sering kambuh karena stress melihat kondisi orangtua. Papanya sdh hampir 9 bln meninggalkan rumah berencana mau menceraikan sy, mengaku kpd orangtua tdk ada perempuan lain tapi anak saya menemukan bukti sms papanya berkata-kata mesra dengan perempuan lain. Kondisi psikis anak merasa terguncang semua tapi, sang bpk melihat hal tesebit tdk terketuk hati nuraninya, hanya berkata itu resiko bercerai ya harus dijalani.
    Saya merasa tidak rega terhadap anak anak krn merasa tdk bs terima keinginan bpknya utk pisah terutama bagi anak sy yg epilepsi. Saya hanya bisa berdoa dan pasrah kpd-Nya. Anak sy yg paling kecil malah sama sekali tdk mau menerima bpknya lagi krn ia melihat sendiri ketika sy dipukuli bpknya dan ia yg menghalagi bpknya yg ingin memukul dengan kursi. Menurut anda melihat dilema seperti ini saya hrs bagaimana….

  15. Sejak menikah 2 bulan yg lalu suami sering tidur terpisah dg saya. Alasannya ketiduran.dan kami jarang ngobrol, hanya seperti tanya jawab. Mau makan apa dkk. Saat saya meminta utk diajak ngobrol dia alasan kl saya jam 10 saat suami pulang saya sudah tidur. Padahal sering saya dengar dr saudaranya kl dia siang tidur2an d rmh saudaranya tsb. Tapi kl dari rumah berangkat pagi pulang malam. Saya kerja jd kalau tidur larut saya bisa ngantuk dan mengganggu kerja saya. Suami saya tdk main pukul, tapi tdk adanya komunikasi dan perhatian menjadikan perasaan saya hilang dan tdk percaya ucapan suami. Saat ini saya merasa kl saya tdk akan mampu menjalankan kewajiban saya sbg istri. Saya hanya mengurusi urusan rumah saja. Bahkan bajunya ingin d cuci sendiri. Kerja gag sungguh2 menurut saya dan keluarga tp kl menurut dia sdh berusaha. Bisakah saya mengajukan khulu’?

  16. Suami saya pernah memukuli saya berkali2.. Tpi saya mencobak bersabar trus yg terakhir kli nya memukuli sya sampai keluar darah.. Apakah itu bole saya minta cerai dari suami saya.. Minta saran nya donk

  17. Saya sudah menikah hampir 11 thn, awal pernikahan sudah banyak masalah dari yg dia sering main musik orkestra, atau sering pergi sama temen 2nya.sampr akhirnya saya tau dia punya banyak hutang saya gak tau dipake apa duitnya.saya masih bertahan walau un dgn berbagai masalah yg ada,suami gak nafkah sandang , dia juga jarang sholat.sekarng hubungan kami pun masih naik turun,saya coba berontak tapi suami selalu melakukan kdrt .dan ssmpe sekarang dia masih tidak mau sholat ketika saya minta cerai saya di ancam akan dibunuh,tapi saya tidak mau terus berdosa dlm pernikahan ini.saya sampe pernah bersumpah saya rela klu suami saya cari perempuan lg, karena saya emosi dan udah gak sabar, saya pernah mengharamkan diri saya buat dia.oh ya dan ssmpe sekarang suami msh banyak hutang to gak pernah cerita.mohon bantu saya untuk keluar dari masalah ini.sekian dan terima kasih

  18. Sy mo tnya kpda admin,,bgai mna solusi nya jka istri sdh tdk lg dhrgai,,tdkt prnh djga prsaan nya setiap da mslh bkn nya mncri jln kluar tp mlh mnghilng stts suami istri tp krn lm tk prn bcra klo uang nya di anggap tp orng nya tk di anggp,,tdk prnh mnaynakn kbr istri,,smkin lm si istri pun sdh psrh tdk prdli lg dngn suami krn dperlkukn sprti itu,,mlz2an shingga istri yg bkrja klo bkn istri,,ank2 sllu kekurngn,,sdng istri pun hrs mmbntu mnfkhu kluarga suami lntran ank2 tinggl dsna,,sdngkn istri stiap bln kirim,,tp sllu dimnta krimn lbh sdng si istri cmn bntu sbgian sj krn tkut suami ke enkn tk brsha bkrj dngn baik,mertua kredit brng yg ahr nya byrn pun mnta ke istri suami tk prnh mmbri solusi al ini,,mlh sprti cuek,,suami mlh mnta tmbhn kirimn sdng kn tnggung jwb istri tdk sbgtu nya,,knpa istri jd suami,,dn hrs mncukupi kprluan mertua jg ,,sring mnta uang,,lm2 istri tdk thn,,dn mminta cerai,,bolh kn,,mohon pnjlsan nya,,bnr2 mnta solusi

  19. bgmna jika suami tidak jujur soal keuangan kepada istri, contohnya tiba2 saja istri mwngetahui kalo suami berhutang dgn jumlah yg besar dan uang itu utk apa juga istri tdk tau, dan itu ada bbrp kali, istri tau setelah ada yg menagih kerumah lalu skrg suami pergi keluar kota u waktu lama tp susah u diajak berkomunikasi, ditelp susah dan nafkah yg diberikan jg tdk mencukupi u istri dan 2 anak, dan itu sdh berlangsung 3 bulan, tdk ada kejelasan kerja apa, kapan pulang, apakah dgn kasus begini istri bisa meminta cerai ?

  20. Seorang istri bekerja bertahun tahun menafkahi suami,sedangkan sang suami msh sehat2 saja,apakah hukum nya ?dan apakah diperbolehkan sang istri meminta talak/cerai Dr suami,dlm kasus ini sang istri menjadi tulang punggung suami

  21. Saya seorang istri YG selama kurang lbh dlm pernikahan sllu Di zalimi dgn perselingkuhan nya Dan berkali² jg perselingkuhan itu terjadi Dan parahnya dia tiap X dia berselingkuh sllu mbuka AIB istrinya kpd stiap selingkuhan nya Dan aneh nya dia gk mau menceraikan saya dgn alasan kasian dgn anak² namun saya gk kuat dgn penderitann ini YG mbuat sya makin membangkak kpd suami.lelah rasanya Hati ini…namun apakah saya bisa hidup tnp suami

  22. Saya baru menikah selama 6 bulan saya sedang hamil 6bulan lebih ,selama pernikahan saya suami belum menafkahi saya, saya jg tinggal bersama mertua .tp saya akhir akhir ini tidak nyaman dengan sikap mertua saya yg sering menampajan muka masam, bolehkah saya minta pisah terhadap suami saya.

  23. Apabila seorang istri yg sedang hamil memutuskan meninggalkan rumah dan meminta cerai tetapi suami diam saja.. Apakah sah permintaan cerai tersebut

  24. Apabila seorang istri yg sedang hamil memutuskan meninggalkan rumah dan meminta cerai tetapi suami diam saja.. Apakah sah permintaan cerai tersebut… Alasan meminta cerai karena suami tidak ada empati dan rasa kepedulian

  25. Jika selama hampir 10th saya menasehati suami saya untuk melakukan.shalat 5 waktu,tp ttp tidak ada perubahan
    Bolehkah saya minta cerai padanya??

  26. Bagaimana sikap suami kalau istri tidak pernah bersyukur atas gaji dan sikap baik suami, karena istri terbiasa hidup mewah

  27. Aku sudah menikah 4 thn lama nya,dari awal nikah sampai saat ini mertua dan keluarga suami tidak pernah menyetujui,bahkan selalu saja melontarkan kata2 yang bikin hati sakit. Aku lelah aku ingin pergi, banyak nya masalah dan perkataan yang tidak di inginkan itu datang dari suami ku sendiri. Apapun yang terjadi dengan suami ku. Aku yang disalahkan, disini hidupku tidak jauh seperti pembantu. Terkadang jika suami ku tidak mengantarkan adik terkecil nya pun aku yang di salahkan. Suami ku pulang larut malam dan dalam keadaan mabuk di bela dengan alasan tidak seperti itu setiap hari. Motor tidak di isi bensin adik yang ke 2 ngamuk seperti kehilangan benda paling berharga. Aku sungguh lelah,dan aku tidak tau harus bagaimana. Aku ingin berpisah tapi bingung alasan ku apa. Aku tidak bisa menceritakan semua yang aku alami kepada keluarga ku. Karna terlalu banyak sakit hati yang keluarga ku terima dari keluarga suami ku ini. Hinaan cacian selalu terlontar kepada keluarga ku terutama kepada ibu dan ayah ku. Mohon bantuan nya bagi yang mengerti. Aku sangat membutuhkan solusi

  28. Pernikahan saya sdh masuk 10thn dan dikaruniai sepasang anak. Selama ini sdh sering bersabar dgn sifat suami yg pemarah. Dada sering sesak karena trlalu mnyimpan rasa sakit dihati. Seakan tak kuat lg menghadapinya.
    Saya sdh mncoba Sabar dan ikhlas bersamanya,Mengabdi,dan menuruti segala apa yg diperintahkannya. Tp semakin lama semakin batin ini tersiksa. Berdosa kah saya klo meminta perceraian dengannya??

  29. Asalamuallaikum..
    Sya mau tanya,, saya sudah pisah 8 bulan lama nya di karenakan suami saya KDRT dan menikah di belakang saya ,, apa itu sudah di kataka bercerai..
    Terimakasih,,

  30. Aslm mualaikum
    Apkh seorang istri sudah tida mencintai suaminya apakah seorang istri bisa minta ceray…dan dia pergi selama 3 thn mnghindari suami dan anknya tetapi suaminya masih mmperthnkannya..gimna hukum ny pa ustad.makasih

  31. Saya menikah hampir setahun.. saya tinggal dirumah mertua, sesekali saya datang kerumah ortu saya, tp suami saya selalu malas dtg kerumah apalagi untuk menginap, kadang sebulan sekali ketika malam minggu saya ajak suami kerumah ingin menginap dua malam dirumah ortu saya, tapi suami malah marah2 gak jelas, katanya saya gak bisa mikir sedangkan saya gak tau salah saya dimana. Ortu saya jg sangat menghargai suami saya dan saya pikir ortu saya jg gak bermasalah sama suami saya.
    Saya tanya knp mls datang kerumah ortu saya, katanya saya cuek kalo saya dirumah ortu saya. padahal demi Allah sikap saya ke suami sama saja baik dirumah atau dirumah mertua.
    Pernah suami bilang bubar saja karena hal ini.

    Urusan nafkah, entahlah saya bingung. Suami hanya memberi ketika saya minta untuk belanja, tp maksimal hanya 50rb dan itu harus bisa paling tidak untuk makan 3 hari kedepan, misal 2 hari kemudian saya minta pasti suami marah2.
    Dan suami saya orangnya pemilih makanan, lauknya gak cocok dia berbicara yg menyakitkan hati saya.
    Oleh karena itu saya sering menggunakan tabungan saya. Dan sampai sekarang tabungan saya habis karena saya sdh gak kerja lagi.
    Mertua pun jika ingin beli sesuatu mintanya itu kesaya bukan kesuami saya.

    Saya bingung harus bersikap gmana sekarang

    • Pertama, mungkin suami Anda agak malas ke rumah mertua karena belum bisa membahagiakannya. Biasanya kalau suami main ke mertua dan tidak punya uang agak lebih itu suka agak rikuh atau tidak enak. Kedua, Anda minta baik-baik pada suami untuk pisah rumah. Lebih baik mengontrak dan mandiri, makan hanya tempe-tahu, daripada rumah tangga harus berantem terus karena tidak ada kemandirian dalam berumah tangga. Itu menurut kami.

      • Assalamualaikum ., saya mau tanya apa hukum nyq kalo suami minta cerai di karnakan sudah tidak nyaman lagi ,,? Terimakasih

        Wasallam

  32. Saya ibu 2 anak ,sdah 10 tahun lebih menikah.tapi saya sudah berpisah dwngan suami satu tahun ini,karna suami terkena stroke dan harus di rawat di kampung halaman nya di jawa.saya tinggal di jambi.org tua nya mengharuskan suami di bw pulang kampung dg alasan tidak mau merwpotkan .sy pun sempat ikut,tapi kembali lagi karna keadaan ekonomi yg sulit,anak yg tidak betah,dan sikap orang tuanya yg tidak lagi menyukai saya.selama setahun ini keluarga di an tdk prnah memberi kabar,saya sendiri lah yg sering nanya kabar suami d sana,sy tidak pernah mendapat nafkah lahir dr keluarganya,krn sy punya 2 anak,terlebih saya harus berjuang sendirian membesarkan ke 2 anak2 saya.bolehkah klw saya menggugat cerai.

  33. Saya nikah 5 bulan lalu. Selama ini enggak dinafkahi batin dan nafkah lahir yg tidak mencukupi walau selama ini suami juga tidak suka makan dirumah kalau lauknya tdk enak (misal ayam atau ikan). Saya bekerja, tapi kan nafkah istri itu harusnya dari suami. Saya sampai pernah bilang harusnya saya makan gag makan itu tergantung nafkah suami. Sikap suami juga dingin, sering saya merasa d acuhkan. Tidur juga lebih banyak pisah dari awal nikah. Saya pernah menyampaikan bahwa minta cerai kira kira 2 bulan yg lalu tapi disuruh sabar, saya menanti perubahan. Tapi tetap saja interaksi kami hanya sebatas saya menawarkan makan minum atau saya pamitan. Jarang sekali suami saya pamitan. Apa saya bisa mengajukan gugatan cerai? Dan apa bila selama proses suami saya memberikan nafkah, apakah perceraian kami bisa batal? Biasanya suami kalau setelah d ingatkan sehari dua hari baik lalu kambuh lagi

  34. Assalamu’alaikum, sya s’org IRT memiliki anak tiga, yg kesemuanya sdh dewasa,usia pernikahan kami 27thn genap d bln agustus ini.yg ingin sya tanya kan bolehkah sya minta cerai karena suami sdh tdk bsa memberi nafkah lahir bathin d karenakan sakit diabetes, sakit nya ini sdh menginjak 8 thn lama nya, sya mohon dgn sangat solusi nya agar sya bsa mengambil langkah yg benar dan tentunya d ridhoi Allah SWT, trmksh

  35. Assalamu’alaykum
    Saya seorang istri 1anak dan saya ssdg hamil 6bulan …
    Sebenarnya sbelum hamil ke 2 saya mau minta khulu karna suami saya tidak bisa menjalankan kewajiban seorang imam yg baik …
    Untuk menafkah i jika saya tidak minta juga tidak memberi nafkah …
    Kami masih tinggal di rumah ortu saya dan saya merasa tidak nyaman dg semua ini krn suami pun tidak cocok sm keluarga saya …
    Terus terang saya sudah tidak tahan dg keadaan
    Saya ingin mengajukan khulu tapi saaya sdg hamil bagaimana … Klo di tunda2 saya takut kalo dosa saya terhadap suami semakin menumpuk

  36. Saya baru menikah selama 7 bulan dan ini pernikahan saya yang kedua, dari suami pertama saya punya anak satu
    Tapi sekarang saya ingin minta cerai karena saya gak tahan sama sikap dia yg terlalu ngekang dari nafkah juga kurang jika dia ada rezeki bukannya dikasih ke istri malah dipke buat gaya hidup dia, sedangkan saya disuruh kerja cari uang untuk kebutuhan , dia juga gampang marah mungkin karena dia lebih muda dari saya
    Wajar gak saya minta cerai?

  37. Assalamu’alaikum wr.wb.
    saya seorang perempuan yang sebelum menikah dengan suami saya saat ini. saya pernah gagal dan saya memiliki anak dari pernikahan pertama. Sebelum saya menikah untuk yang kedua kalinya saya bertemu dengan suami saya dan pendekatan hingga pacaran suami saya sifatnya keras kasar dan disiplin meskipun dengan alasan mendidik saya karena saya lebih mudah ia suka main tangan. Saya terima perlakuan itu semenjak pacara smpai menikah suami saya sikap dan sifatnya seperti itu. Setelah saya punya anak dan melahirkan anak kedua saya sedikit demi sedikit suami saya berubah kasar dan suka main tangan sudah berkurang. Saya ikut suami saya pulang kerumah mertua saya. Saya numpang dirumah mertua bahakan yg memberi makan dan segala kebutuhan rumahtangga itu juga ditanggung mertua suami saya wiraswasta penghasilan tidak menentu saya pun terima keadaan ini mencoba bersabar. Saya punya tanggung jawab terhadap anak pertama saya karna pernikahan saya gagal jadi anak saya yang pertama saya titipkan dirumah ibu saya, mantan suami saya sudah tidak bertanggung jawab atas anak saya yang pertama jadi sayalah tumpuhan terakhir sedangkan saya sejak menikah saya tidak pernah diberi nafkah oleh suami saya, suami saya hanya menafkahi anaknya sendiri mencukupi kbutuhan anaknya sendiri, saya merasa berslah karna menelantarkan anak saya yg pertama, saya mengusulkan untuk kembali bekerja karna saya tidak pernah dinafkahi, suami saya tidak setuju dengan keputusan saya. Hampir setiap hari saya dan suami selalu berbeda pendapat n terjadi perselisihan dan mertua saya selalu ikut campur tangan sampai sering mencela n memaki maki.saya teriama perlakuaan itu dengan sabar.apalah daya saya saya seorang manusia punya batas kesbaran hingga pada puncaknya setiap terjadi perselisihan saya sering beradu argumet n saya khilaf sehingga berkata” buruk kepada suami. Saya merasa saya bedosa karna saya melawan pendapat suami saya. Jujur saya sudah sangat merasa tertekan dengan keadaan saya .psikis dan mental saya pun tertekan emosi naik turun.Terakhir sebelum saya meninggalkan rumah dan bertengkar hebat saya berncana ikut kelas makeup untuk mendapat penghasilan karna saya berencana ikut saudara freeland di bidang tatarias saya melakukan semua itu karna saya merasa saya ni kekurangan n menelantarkan anak pertma saya. Berbagai cara saya lakukan utuk mencari nafkah seperti berjualan online saya coba tp memang belum rejeki jadi agak macet tidak ada pemasukan sma sekali.saya sudah bicara kpada suami utuk dia mmberika izin kpda sya ikut kelas make up pertma dia setuju entah apa yang mpengaruhi suaminsaya hingga tidak setuju jujur suami saya sering mengadukan setiap permasalahan rumah tangga sya kepada mertua sehingga mertua ikut campur saya sudah bicara untuk berpisah baik” tapi suami saya tidak mau lalu apa yang harus saya lakukan sya bingung bimbang disisi lain sya menelantarkan anak pertma saya karna saya memilih bertahan tp disisi lain dlam lubuk hati saya ingin membina rumah tangga yng baik dengan anak dan suami sya tp suami sya tidak mau diajak hidup mandiri. Tiba” suatu pagi teman sya datang tmn saya itu punya relasi MUA yang menangani tata rias sya berncna mndaftar tiba tiba saat datang suami dan mertua saya mendudukan teman saya dan berbicara yang kurang menyenangkan itu terjadi didepan saya sendiri. Saya merasa sedih dan dpermalukan setelah teman saya pulang saya tegor suami saya tapi kita saya dan suami sudah tidak terkendali kita bertengakr hebat mertua pun ikut andil saya disalahkan sampai sampai saya mau dipukul oleh mertua lelaki saya . Akhirnya saya minta cerai n memutuskan pulang keruamh ibu saya.suami sya tidak mengiyakan ucapan cerai saya tapi mertu saya yang mengiyakan.lontaran lontaran perkataan buruk terhadap saya oleh mertua saya saat itu saya terima.sudah cukup banyak yang saya rasakan dari mulai pacran sampai menikah n punya anak saya tidak bahagia. Sekarang saya hanya pasrah karna sampai saat ini suami saya sudah tidak peduli terhadap saya dan anak saya.

  38. As,slmmualaikum,,,
    Sya seorng istri, 1 anak, suami sya lbih memengting kn kluarga nya, dri pada saya dan anak, dan sring bicra ksar, apkh bleh sya mntak cerai. ? Krna sya bngung sya brthan atau mlepaskn, sdng kn sya sdh tdk than, dngn skap dia.

  39. Saya sering sekali cekcok setiap hari masalah sepeleh dengan suami belum lagi masalah ekonomi semakin hari semakin bertambah dan suami saya pinjam kesana kemari sudah saya larang tapi tetap saja tidak menghiraukan ,sampai saya suruh jual mobil tidak mau karena hutang semakin mengunung, saya sedih sekali karena tidak tenang mempunyai hutang dimana mana ,mas kawinpun dijual sedihnya jiga dia tidak pernah mendampingi saya dalam beribadah padahal saya berharap mempunyai suami mending banyak ibadah dari pada banyak gaya dosakah saya inginkan perceraian

  40. ustadz,bolehkah sya menggugat cerai kpd suami karna dia org nya kurang beetanggung jawab dan pemalas kerja serta memilih milih pekerjaaan?selain itu juga kasar pemarah emosian dan kdrt saya sudah tak tahan dengan sikapnya dan kadang ingin kabur sdh dia sering mengulangi keslahan yang sama.kesalahan saya kecil tapi marahnya tak wajar.tolong dijawab min

  41. Saya menikah sudah 1thn dan punya bayi, saya mau bekerja karena suami saya tidak adil dalam pembagian uang dgn mertua, mertua dpt 1,5 jt sdangkan sy 300 untuk 1 bln. Lalu tdk dijinkan kerja alsan urusan anak dan trnyata dia benci dgn kluarga sy trutama ibu sy dia tdk ingin anak sy dpegang ibu sy pdhl kita hidup numpang d klg sy, tp saya dn kluarga hnya diberi 300 tdk memikirkan resiko dapur, sy batin ingin pisah tp tkut anak balita sy diambil. Mohon pencerahan nya admin.

  42. Assalamualaikum
    Punten mohon solusinya, saya memiliki adik yg sdang berlayar slma 2 thun kontrak, sdh kspkatan adik sya dan Istrinya untuk brlyar, namun dlm kurun satu tahun adik ipar saya bilang mllui WA katanya ingin minta cerai dengan adik saya, dengan alsan tdk dbri nafkah dan kabar brta slma 1 thun brlayar, mmng dlm kontrak adik saya berlayar di fiji tdk bsa komunikasi smpai plng nanti, sblm adik ipar minta cerai dia sdh sering pergi dengan laki2 lain, dan bkerja jdi pmndu lagu tnpa spngthuan adik saya yg sdng berlayar, bhkan 2 ank2 ny pun sering ditinggal d tdk diurus, ank yg satu dttipkan dengan kakak saya, knp sy bilng sering prgi karokean jln bhkan pernh satu kos dngn lki2 lain, krna kluarga sy punya bukti foto dan vidionya, mohon solusi dari permasalahan ini

  43. Bagaimna cika suami ditahan atau dipenjara
    Tetapi dia tdk mau terima sehingga dia ancam klau bunuh diri jika diceraikan.
    Tpi sya tdk bisah menahan sifatnya
    Yg tdk mau berubah

  44. Salah gk klw suami gk mau menuruti permintaan sang istri untuk bercerai…dgn alasan sang istri sudah gk cinta lagi…sang suami tetap gk mau menceraikan nya pada hal sang istri da bilang klw dia gk kan melayani nya lg..tp sang suami ttp mau mempertahankan rumah tangga nya…karna anak nya masih kecil sekali…sang suami takut anak nya kenapa2 krn istri dan suami bercerai

  45. Salah gk klw suami gk mau menuruti permintaan sang istri untuk bercerai…dgn alasan sang istri sudah gk cinta lagi…sang suami tetap gk mau menceraikan nya pada hal sang istri da bilang klw dia gk kan melayani nya lg..tp sang suami ttp mau mempertahankan rumah tangga nya…karna anak nya masih kecil sekali…sang suami takut anak nya kenapa2 krn istri dan suami bercerai

  46. assalammualaikum .. saya mau bertanya apakah sya berdosa memnta cerai kepada suami karena suami lbh mementgkan judi bahkan sering berbohong dan menghabiskan uang jerih payah saya ..untuk mghidup i anak pun sya hars bekerja sendiri ..apa sya boleh meminta cerai karena berulangkali memberi ksmpatan tp tdk ad perubahan

  47. Bagaimana hukum suami pelit dg istri ,semua keuangan suami yg pegang .saya hanya boleh minta tuk kperluan makan .untuk kperluan pribadi(lipstik,bedak)dia keberatan tuk memberi ,suami juga dingin masalah maaf’ranjang* dia mentingin dirinya sndri …tdk pernah memikirkan saya sebagai istrinya .

  48. Saya sudah menikah 11th,,sudah 8 bulan suami tdk bekerja dan memberi nafkah. Karena sy bekerja sy memenuhi kebutuhan klga,,ketika bertengkar suami sy menyuruh sy pulang ke rumah orang tua sy biar anak sm dia..apa itu sudah termasuk talak? Tolong pencerahan nya..terimakasih

  49. Suami suka marahh .. Bhkan sllu merendahkan saya .. Bhkan jalanpun tak ada mesranya adanya marah marah .. Msak.. Nyuci bhkan sllu di komplenn .. Sdgkan saya.lagi.hamill .. Ini masih mending kdg sedikit perhatian tp entah setelah lahiran bagaimana nasib saya selanjutnya …bhkan ak kdg malu jk suami menampakka rasa marahnya di depan keluarga .. Sdgkan ak mati”an menutup aib suamiku sendiri sm kluargaku ..sdgkan hidup sy memang srasa trtekann ..

  50. Ya alloh ampunii dosa2 kuuu……
    ternyata banyak orang blm sempurna
    sedih rasanya jika nafkah suamii kurang istrii slalu ucapin talak
    Batin ini slallu menangis….denger kata2 itu…

  51. assalamualaikum. Suami saya sering marah dan menghina serta merendahkan saya, disebabkan hal sepele seperti anak menangis, anaknya terjatuh, saya yang disalahkan, suami pernah bilang menikahi saya karena kasihan kepada bapak saya, terus juga pernah bilang ingin memulangkan saya kepada orang tua saya, dia berkata hatinya tidak bisa menerima saya dan tidak mencintai saya,
    Saya meminta khulu’,. Dan pulang kerumah orang tua saya. Suami membiarkan saya,. Dan sekarang sudah 8 bulan saya berpisah rumah dengan suami saya.
    Apakah tindakan saya ini dibenarkan dalam syariat islam. Apakah saya boleh meminta khulu’.. Mohon solusi nya..

  52. saya sudah menikah hampir 15 tahun, selama itu saya ga pernah diberi nafkah, untuk urusan sehari hari pun saya yang harus bekerja dan banting tulang, tadinya saya terus bersabar menuggu ada perubahan, komunikasi juga kurang baik, sampai kadang dia ga pulang pun dalam dua hari tidak pernah memberi kabar, saya tinggal bersama orang tua saya, biaya anak sekolah pun saya yang biayai, apakah pantas saya meminta cerai ?

  53. Suami hanya mengandalkan manfaat apapun itu kepada mertua nya, dan istri anak nya gk merasakan di bahagiain bahkan di nafkahi juga gk, dan kini istri sudah tak tahan lagi dengan sikap nya padahal segala²nya sudah saya kasih ke dia berupa kendaraan dll, tetapi tak ada perubahan apa² bolehkah sang istri menggugat cerai dan sah atau tidak

  54. Suami selalu marah dengan hal2 sepele, dan jika marah dia selalu berkata kasar dan merendahkan saya, dia juga punya mantan istri yang tiap selalu minta transferan uang, sedangkan saya di suruh berhemat dan uang belanja bulanan saya lebih sedikit di banding uang yang dia transfer untuk mantan istri dn 1 anaknya.. saya tidak boleh punya anak dengan alasan dia mau fokus nafkahin anaknya yg tinggal dengan mantan istrinya.. kadang dia seperti tidak ikhlas menafkahi saya.. sering saya di sindir untuk mencari pekerjaan untuk membantu keuangan keluarga kami.. padahal penghasilan dia sudah cukup besar untuk biaya hidup kami ber2.. tp dy terlalu memanjakan anaknya dengan uang, berapapun yg di minta mantan istrinya dia dengan cepat menyanggupinya.. sedangkan mantan istrinya sudah menikah lagi saya merasa dia hanya sedang memamfaatkan anaknya untuk memeras uang suami saya..

  55. Assalamualaikum,
    dalam hati saya selalu ingin pisah dari suami, bila sikap dan tingkahnya yang selalu bikin sakit hati.
    saya berusaha bersabar, tapi selalu aja dia merasa benar dan saya salah. Dia pun jarang sholat 5 waktu, jika diingatkan saya yang dimarahinya, bukan kah seharus suami menjadi imam yang membimbing istrinya untuk beribadah? Kadang rumah seperti neraka, berkelahi terus. Lelah. Wassalam

  56. dalam hati saya selalu ingin pisah dari suami, bila sikap dan tingkahnya yang selalu bikin sakit hati.
    saya berusaha bersabar, tapi selalu aja dia merasa benar dan saya salah. Dia pun jarang sholat 5 waktu, jika diingatkan saya yang dimarahinya, bukan kah seharus suami menjadi imam yang membimbing istrinya untuk beribadah? Kadang rumah seperti neraka, berkelahi terus. Lelah. Wassalam

  57. Sya ibu 3 anak usia pernikahan 25 th, suami bekerja awalny sya pun bekerja tp honorer tp sdh hampir 1 th tdk lg bekerja, th 2011 ada konflik suami berselingkuh tp sya menyadari karna sya terlalu sibuk d kegiatan lingkungan yg mengharuskan sya utk bertanggung jawab penuh akan anak” balita d lingkungan RW & kegiatan di sekolah tmp sya belajar (panitia reuni) pd saat itu jg sya aktivis d sklh lama , tp
    sya d sangka selingkuh pdhl sya tdk pernah lakukan dgn siapapun tp suami tdk percaya sampai skrg pun dgn sya , pecah masalah th 2014 sya d tinggal suami 2 bln tp akhirny suami mnta sya utk kembali lg hingga akhirny memutuskan utk pindah rmh yg awalny sya ikut dgn ortu akhirny hidup mengontrak d pinggiran jakarta, th’ pertama tinggal tdk ada masalah smua fasilitas dlm rmh d penuhi, suami berjanji utk mau bersosialisasi dgn warga sekitar lingkungan baru , mau menjalani sholat 5 wkt ternyata janji hanyalah janji sampai dgn skrg tdk jg d penuhi janjiny bahkan dlm hal keuangan sya jd ikut andil akan ttpi suami sllu merendahkan sya dgn kata’ kasar katany gaji yg sya terima itu cma sia’ pdhl kalo suami kasih nafkah alhamdulillah sya tdk pernah mengeluh walaupun kurun wkt pertengahan bln sdh tdk ada lg yg tersisa uang suami utk kebutuhan hidup oh iya sya bawa anak 1 msh bersekolah, 2 sdh dewasa jd memilih tinggal dgn ortu d jkt, terkadang sya hrs cari uang dgn jualan makanan anak’ sklh tp ttp saja sllu sya yg d salahkan oleh keluarga besarny jg d pojokan bahkan d usir oleh suami dr rmh kontrakan kejadian ini sdh 3 x sya d usir bilamana ada masalah. Sya sdh ga kuat utk meneruskan hubungan ini tp suami sepertiny mulai merasa bersalah , skrg sya tdk d perbolehkan kmn’ sya sprti tinggal d sangkar burung kmn’ sllu d awasi.
    Yg jd pertanyaan sya bolehkah sya mnta cerai sedangkan suami tdk mau menceraikan sedangkan perubahan tdk pernah ada dlm kehidupan suami mohon pencerahanny ustad sya jd merasa berdosa skli dgn kepura”an sya slma ini astagfirullah,,, mohon solusiny agar suami mau menceraikan sya tp dgn cara baik’

  58. Assalam’mualaikum saya mau tanya bolehkah istri meminta cerai kepada suami yg suka perhitungan dalam memberi nafkah?
    Saya punya 2anak, dan saya masih pnya ibu dan keponakan yg harus sya cukupi,,
    Bapa sya sudah meninggal sehingga smua kebutuhan ibu dan keponakan sya yg nanggung..
    Kk saya yg lain tidak ada yg peduli dengan ibunya sendiri..
    Sdgkn sya sudah terbiasa bekerja karna untuk memenuhi kebutuhan keluarga sya
    Dan semenjak punya anak yg ke2 sya sudah tdk diperbolehkan bkrja lgi..
    alsan suami krn anak msh kcil.. Memang bnr alasannya..
    Cuma sya ngrsa sya tdk mau smua kebutuhan kel sya jdi beban bwt dy.
    Sdgkn dy sndri msh suka perhitungan soal gaji..

  59. Ass .saya dwi saya mau bertanyaa ,

    Bagaimana jikalau suami massa bodo dgn apa yang di alami si istri ,misalakan si istri lg ada maslah ,sudah minta solusi ke suami tapi suami kaya masda bodo ,sedangkan si istri slalu mencari jalan keluar mslah tersebut sendiri ,dan suami pun tidak tau menau dan ngerasaa ini mungkin buka urusan diaa ,sedangkan dalam islam urusan istri jadi urusan suami ,bgtupun sebaliknya .
    Dan bnyk juga faktor2 lainnya seperti yg di sebutin di atas juga ada bbrpa yang sama ,

    Apakah istri pantas untuk menaikan perkara ini ke persidangan.

  60. Assalamualaikum..
    Saya menikah dengan seorang duda
    Punya 1 orang anak. Saya menikah bukan karna cinta2an seperti muda mudi yang pacaran atau apa..saya menikah dengan beberapa alasan
    orang tua saya meminta saya menikah secepatnya dan sekarang umur saya 23 tahun
    Saya kenal dengan satu orang pria yang siap menikahi saya secepat nya.
    Karna mecari pasangan bukanlah hal gampang sedangkan saya tipe anak yg mendengarkan keluhan orang tua baik itu materi atau masalah jodoh dan hal lain.
    Jadi saya putuskan menikah saja dengan pria yg sy kenal dan siap menikah yaitu duda 1 orang anak
    Singkat cerita kami menikah. Setelah menikah saya baru mengenal sebenarnya dia tidak mencintai saya tapi menikah karna butuh orang untuk merawat anak nya karna orang tuanya tidak suka anaknya dititipkan di rumah orang tua nya karna alasan anak ini tidak boleh di ajarkan atau di tegur sedikit keras tapi pelan anak ini tidak mendengarkan. Itu sebapnya dia menikah denganku karna kebutuhannya itu. Seringkali ketika bertengkar karna urusan mantannya atau anak nya dia minta saya pergi / bercerai .
    Tapi orang tua adik kakak dr suami baik kepada saya. Saya pun demikian jika memasak saya berbagi makanan dengan mereka dll. Di satu sisi saya tidak tahan dengan sikapnya . Di sisi lain andainya saya bercerai saya antara kasian dan tidak akan kuat mendengar perkataan orang tua saya… Tapi bertahan saya sudah cukup luka. Teman2 atau siapapun tolong andai ada solusi. Solusi dari kalian akan sangat berpengaruh untuk kelanjutan hidupku.. Ada sedikit ni ketinggalan saya dulu pikir kalau saya punya anak dengannya dia akan mencintai saya tapi kenyataanya nihil.

  61. Asalammualaikum..
    Saya sudah menikah selama hampir 5 tahun, selama pernikahan saya dia jarang menyentuh saya dan jarang kasih nafkah. Karena dia tidak bekerja, dia hanya bekerja 1 bulan lalu keluar 1 tahun nganggur 1 bulan lagi bekerja dan nganggur lagi bertahun2. Tapi saya tetap sabar dan bertahan, saya yang bekerja dan menghidupi hidup saya berdua dengannya tanpa mengeluh. Dan saya kena musibah terlilit hutang yang saya ngga bisa bayar atau belum bisa saya bayar. Saya bicara pada suami saya dan dia marah dan bilang saya menghabiskan uang dia buat apa padahal dia baru bekerja 1 bulan dan saya baru dikasih nafkah 1 kali gajian pertama dia. itu pun dia minta lagi setiap harinya untuk jalan kerja. Dia tidak mao bertanggung jawab atas utang2 saya dan malah perpikiran negatif terhadap kedua orang tua saya, merendahkan kedua orang tua saya. Dan merendahkan saya, dia bilang saya lebih bodoh dari orang bodoh seperti mama saya. sepertinya sekarang saya sudah tidak kuat lagi.
    Bolehkah saya meminta cerai kepada suami saya.
    Terima kasih..
    Wasalam..

  62. assalamualaikum… min mw nany.. sy sudah nikah sama suami udh 4thn Alhamdulillah sudah pnya anak 1.. sy bingung sama sikap suami sy.. sy bekerja yg dr pagi smpe sore (bahkan malam) krna tuntutan pekerjaan.. sdgkn suami bekerja jg tp msh bsa meluangkan wktu skdr melihat anak.. tp prmsalahanny suami slalu blg kl sy ga prhtian k anak krna jrg “melihat anak”.. trus suka marah2 jg min, meributkan hal yg kecil.. sy msh tggl dgn orgtua dan adek2.. tp kl sy udh drmh, sy ga boleh ngobrol sama sodara n ortu sy.. kl dy ga suka sama kluarga sy dy marah2 n ngomng kasar.. sy takut psikis anak sy bakalan jd kasar ato bahkan jd penakut.. sy boleh cerai ga y min? setiap dy marah sy diam aja, soalny tkut efek k anak n bahkan dy bsa lbh parah lg marahny kl sy jawab… sy takut jd istri yg ga patuh sma suami n jd dosa…

    terima kasih min.. wassalam

  63. Kalo seorang suami gampang marah dan kadang hilaf maen tangan atau ngelempar barang apa itu masih pantas untuk dijadikan suami ? Dan apakah diharamkan perceraian apabila suami memiliki sifat seperti itu?

  64. Apanila seorang suami gampang emosi dan kadang hilaf main tangan atau melempar barang , apa itu masih pantas untuk dijadikan suami ? Dan apakah diharamkan perceraian apabila suami memiliki sifat seperti itu?

  65. Kalau dinafkahin berkecukupan. Tapi suami tidak bisa bikin bahagia. Dan terus menginjak harga diri saya. Ngancem ga dikasih uang lagi. Padahal sy lg berbadan 2. Apakah pantas dipertahankan min?

  66. saya menikah hampir 3 thun, dri awal sya hamil dia sering selingkuh cuma saya selalu memafkan, tpi lama kelamaan dy mulai main tangan, bentak” sya, menghina saya pendidikan saya bahkan orang tua saya, dan itu selalu berulang” sampai di titik kmrn brtengkar hal sepele dan dy mengancam saya dengan parang,,, setiap habis marah berapa menit kemudian dy baik lg seperti tidak terjadi ap” cuma saya benar” sudah tidak tahan menahan semua.a, bolehkah saya minta cerai ?

  67. Sy sdh 4 thn menikah tp sy dan suami hdp trpisah masing”tinggal d rmh ortu setiap sy brada d rmh mertua adek iparQ tdk suka sm sy seakan akan dia mengusirQ dan tdk mmbiarkan sy tinggal d rmnya sy coba brkali kali mngajak suami untuk mandiri atw ngontrak karena dia jg ngga betah tinggal d rmh ortuQ sm anaknya katanya dia blm bisa ngontrak jd dia lbh suka tinggal d rmh ortunya paling klw dtng d rmhQ cmn sehari ap yg harus kulakukan mohon pnjlasannya sy harus bagaimn

  68. Jika suami sering melakukan dosa
    Dan istri sering memberikan nasihat untuk berubah
    Dan suami tidak pernah mendengar
    Apa bisa istri meminta cerai???

  69. Assalamualaikum, saya mau nanya. Saya dan suami saya bertengkar dan pertengkaran itu membuat suami saya pulang kerumah orangtuanya. Kami bertengkar karena suami saya kurang bertanggung jawab dengan istri dan anaknya, suami saya punya usaha mebel dan usaha itu bangkrut. saya sudah menasehati suami saya agar dia mencari pekerjaan lain agar kebutuhan kita terpenuhi. Tetapi suami saya tidak mau dan tetap bekerja di mebel. orangtua saya marah dan tidak terima dengan perlakuan dia kepada saya, karena semua kebutuhan dilemparkan kepada orangtua saya, karena dia tidak bisa mencukupi. akhirnya setelah terjadi perselisihan dia pun meninggalkan rumah dan tinggal dirumah orangtuanya. Hari ini genap 4 bulan dia tidak pulang, memang dia masih memberi saya uang tapi itu jarang sebulan sekali itupun hanya 200rb. saya sudah tidak diberi nafkah batin selama itu dan dia juga tidak bekerja lagi selama dia di rumah mertua saya.dia juga tidak ingin menemui anaknya. kalau sudah begini, apakah saya pantas untuk meminta cerai ? Kalau dia tetap tidak mau menceraikan saya , apa yang harus saya lakukan

  70. Bagaimana jika rumah tangga terus diganggu oleh mertua,suami dihina oleh mertua karena perbedaan penghasilan,istri lebih besar drpd suami, suami mengajak istri untuk keluar rumah wlpn sekedar mengontrak,namun istri tidak mau,malah istri minta cerai ? Akhirnya suami pergi sendiri karena sudah terlalu sakit hati. Sudah terjadi satu tahun lebih lamanya,suami tidak memberi nafkah kepada istri,namun hanya memberi kebutuhan anaknya saja,berdosakah suami ? Atau kah harus harus mengiyakan istrinya meminta cerai ?

  71. Saya menikah kurang lebih sudah 2 tahun, sudah memiliki seorang anak. Dari awal pernikahan suami tidak pernah memiliki pekerjaan tetap. Sempat punya pekerjaan beberapa bulan tapi dikarenakan banyak faktor suami resign dan kembali mengganggur. Kehidupan sehari hari kami ditanggung orangtua saya, sedangkan keperluan anak banyak, saya malu. Berkali kali saya minta suami pekerjaan tapi dia lamban, harus saya dulu yang mencarikan lowongan kerja itu pun sering diacuhkan. Selama perkawinan saya juga jarang dikasih uang dari suami karena tidak ada juga uang yg dapat dibagi, ada uang itu pun cukup untuk keperluan makan saja. Untuk Keperluan saya yang lain nya jarang dipenuhi. Semakin hari semakin byk perbedaan pendapat. Saya dan suami makin sensitif satu sama lain. Untuk hal anak juga seluruh nya saya yang jaga. Bagaimana ini ya, risau hati saya, ingin sekali bercerai tapi takut apakah saya salah langkah apakah saya dosa.

  72. Assalamualaikum,
    Saya sudah menikah menjalani 4 tahun,
    Saya mempunyai 1 org putri,
    Suami saya pekerjaannya tidak tetap dan saya bekerja sebagai guru honorer,
    Dari awal menikah suami saya berjanji akan berubah tapi smpai detik ini perubahan itu tidak ada,dia tetap minum,tetap pulang sampe larut malam,tidak pernah solat dan puasa,saya bimbing sholat pun dia tidak mau,dia slalu bilang nanti ada masanya saya bertobat,saya merasa gagal jdi seorang istri tdk bisa membimbing suami saya,saya takut ajal datang sblum dia smpat bertobat,
    Kedang dia merendahkan saya sbgai istri kurang ini dan itu,.
    Apakah saya bisa meminta cerai???
    Mohon solusinya
    Wassallam

  73. bolehkah saya meminta cerai?
    sudah 1 tahun saya menikah, dari awal menikah sampai sekarang hubungan rumah tangga kami ngga pernah harmonis, saya sering nemuin chat suami saya dengan perempuan lain, bahkan disaat kondisi saya sedang hamilpun dia masih sering chat dengan wanita lain. sekarang setelah lahiran pun saya masih menemukan chat suami saya dgn wanita lain. selama hamil saya jarang sekali diberikan nafkah bahkan setelah saya melahirkan sampai saat ini mungkin sekitar sudah 4 bln suami saya sama sekali tidak memberikan nafkah batin kepada saya. saya pernah membaca curhatan suami saya dengan perempuan lain. dia mengatakan bahwa saya bukan tipe dia sehingga dia tidak ada gairah saat berhubungan badan dengan saya. saya pernah memonta cerai kepada suami saya tapi dia tidak mau menceraikan saya. karna jujur saja ini terlalu menyakitkan buat saya.. seakan akan bahwa memang saya tidak pernah di inginkan dan tidak pernah dihargai sebagai seorang .
    mohon pencerahan dan sarannya ustad. saya sudah ngga kuat menahan luka batin di hati saya

  74. Bolehkah sya minta cerai karna suami impoten.. Tapi saya jg kasian..
    Disisi lain saya juga lelah terus menahan nafsu ini… Minta solusi nya please…

  75. Assalamualaikum bagaimana hukumnya bila istri sedang hamil tpi dia kekeh ingin pisah,tpi suaminya mengabulkan pernintaan si istri apa selama dia hamil masih ada kewajiban suami menafkahinya baik lahir maupun batin

  76. Salahkah seorg istri jika meminta cerai krn suda 3 bln tdk di nafkahin…
    Lalu istri selalu dituntut untuk kerja buat bantuhin ekonomi, selalu di rendahin krn tdk kerja…. Dan suami selalu membuat istrinya sakit hati…

  77. […] Dalam kajian fikih, pembatalan akad nikah disebut dengan  fasakh. Pihak suami maupun pihak istri sama-sama memiliki hak untuk membatalkan pernikahan (khiyar fasakh). Namun fasakh nikah  harus betul-betul dilandasi dengan alasan yang bisa dijadikan sebagai landasan pertimbangan. Alasan yang dijadikan dasar pertimbangan dibatalkan pernikahan disebut dengan aib nikah. (Baca: Enam Keadaan Istri Boleh Meminta Cerai Kepada Suami) […]

  78. Usia pernikahan saya dengan suami sudah 7 tahun, dan saya hamil pada usia pernikahan ke 5 tahun, dan usia anak pertama saya sekarang 1,5 tahun.
    Pada usia pernikahan ke 3 atau 4 bulan, saya suka sekali marah, ngambek karena hal sepele yang saya minta ke suami, karena suami tidak memberikan yang saya minta. Tapi, saya marahnya ndak setiap hari, hanya saat saya minta sesuatu ke suami, tapi suami tidak menuruti kemauan saya. Keadaan pernikahan kami begitu, naik turun keadaannya. Sampai pada akhirnya saya baru tahu kalau suami saya membohongi saya soal hp yang dia simpan di bawah kasur, ini pas saya hamil usia 3 bulan. Dan yang paling parah saat anak kami sudah lahir usia 6 bulan atau 7 bulan, saya mengetahui kalau suami saya menghianati saya, melukai hati saya. Dia sering chating dengan perempuan di FB, dan ternyata mereka berchating sudah sangat lama, dari awal pernikahan kita, sudah pernah chating. Saya sudah memaafkan perilaku suami saya itu, karena memikirkan anak.
    Makin kesini, banyak kebohongan suami terbongkar satu demi satu dengan sendirinya, tanpa saya mencari tahu. Suami hutang sana sini, ya Allah sedih banget rasanya. Padahal saya juga ndak pernah minta beli ini itu yang harganya sampai ratusan ribu. Entah uang utang itu buat dipakai apa. Semenjak kejadian kebohongan suami terbongkar, kami sering cek cok. Suami sering bicara dengan nada kasar ke saya. Pokoknya dia sekarang kasar ke saya dengan omongannya. Ndak mau berubah. Kadang saya merasa seperti dikekang. Lihat biaya perceraian mahal, sedangkan saat ini tidak punya uang. Mohon solusinya, kadang saya ingin mengakhiri hidup saya sendiri, tapi masih kepikiran anak. Kalau saya bunuh diri, nanti anak gimana. Sedangkan saat ini kondisi saya bener bener seperti di ujung jurang, kalau mundur saya merasa hidup dikekang oleh perilaku suami, kalau lompat ke jurang saya berdosa besar. Pengennya saya ndak ada perceraian dan bunuh diri, asalkan suami mau berubah bersikap lebih halus ke saya. Karena saya bener bener sakit hati. Mohon solusinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here