Enam Amalan Utama di Bulan Zulhijjah

1
1383

BincangSyariah.Com – Bulan Zulhijjah adalah satu di antara bulan-bulan haram yang dimuliakan Allah. Umat Islam bisa menjadikan bulan Zulhijjah ini sebagai ladang pahala untuk bekal kita di akhirat. Bulan di mana Allah memberikan diskon besar-besaran untuk hamba-Nya yang mau beramal saleh. Amalan yang bisa lakukan adalah sebagai berikut:

Pertama, memperbanyak ibadah pada sepuluh hari pertama Zulhijah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa aallam bersabda:

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ أَنْ يُتَعَبَّدَ لَهُ فِيهَا مِنْ عَشْرِ ذِى الْحِجَّةِ يَعْدِلُ صِيَامُ كُلِّ يَوْمٍ مِنْهَا بِصِيَامِ سَنَةٍ وَقِيَامُ كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْهَا بِقِيَامِ لَيْلَةِ الْقَدْرِ

“Tidak ada hari-hari yang lebih disukai Allah untuk digunakan beribadah sebagaimana halnya hari-hari sepuluh Zulhijjah. Berpuasa pada siang harinya sama dengan berpuasa selama satu tahun dan salat pada malam harinya sama nilainya dengan mengerjakan salat pada malam Lailatul Qadar. (HR. Tirmidzi)

Kedua, memperbanyak bacaan tasbih, tahmid dan takbir. Dari Ibnu Umar radhiyallaahu ‘anhuma, Nabi  bersabda:

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمُ عِنْدَ اللَّهِ وَلَا أَحَبُّ إِلَيْهِ الْعَمَلُ فِيهِنَّ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ الْعَشْرِ فَأَكْثِرُوا فِيهِنَّ مِنْ التَّهْلِيلِ وَالتَّكْبِيرِ وَالتَّحْمِيدِ

“Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal saleh di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Zulhijjah), karenanya perbanyaklah tahlil, takbir, dan tahmid di dalamnya.” (HR. Ahmad

Ketiga, salat Idul Adha. Salat yang dilakukan dua rakaat pada hari raya Idul Adha. Amalan tersebut bersumber dari sabda Nabi:

عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ قَالَتْ: أَمَرَنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نُخْرِجَهُنَّ فِي الْفِطْرِ وَاْلأَضْحَى الْعَوَاتِقَ وَالْحُيَّضَ وَذَوَاتِ الْخُدُوْرِ، فَأَمَّا الْحُيَّضُ فَيَعْتَزِلْنَ الصَّلاَةَ وَيَشْهَدْنَ الْخَيْرَ وَدَعْوَةَ الْمُسْلِمِيْنَ. قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، إِحْدَانَا لاَ يَكُوْنُ لَهَا جِلْبَابٌ؟ قَالَ: لِتُلْبِسْهَا أُخْتُهَا مِنْ جِلْبَابِهَا

Baca Juga :  Bolehkah Mengabungkan Puasa Qadha dan Puasa Syawal?

Dari Ummu ‘Athiyyah ia mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kami untuk mengajak keluar (kaum wanita) pada (hari raya) Idul Fitri dan Idul Adha yaitu gadis-gadis, wanita yang haid, dan wanita-wanita yang dipingit. Adapun yang haid maka dia menjauhi tempat salat dan ikut menyaksikan kebaikan dan dakwah muslimin. Aku berkata: “Wahai Rasulullah, salah seorang dari kami tidak memiliki jilbab?” Nabi menjawab: “Hendaknya saudaranya meminjamkan jilbabnya.” (HR. Bukhari)

Keempat, dianjurkan untuk berkurban bagi yang memiliki kelebihan rezeki. Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ كَانَ لَهُ سَعَةٌ وَلَمْ يُضَحِّ فَلَا يَقْرَبَنَّ مُصَلَّانَا

“Barangsiapa yang memiliki kelapangan (rezeki) dan dia tidak berkurban, maka jangan dekati tempat salat kami.”  (HR. Ibnu Majah)

Kelima, berzikir pada hari-hari Tasyriq. Hari tenang yang tidak diperbolehkan untuk berpuasa, namun kebahagian dan pesta kaum muslimin tetap dalam bingkai kebaikan, dan tidak berlebihan. Dalam riwayat Imam Muslim, dari Nubaisyah Al Hudzalli, bahwa Nabi shallallahu slaihi wa Sallam bersabda:

أَيَّامُ التَّشْرِيقِ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ

Hari-hari Tasyriq adalah hari-hari makan dan minum. (HR. Muslim No.  1141), dan dalam riwayat Abu Al Malih ada tambahan: “Dan hari berzikir kepada Allah.” (HR. Muslim No. 1141).

Keenam, haji ke Baitullah. Menyempurnakan rukun Islam dengan berhaji ini wajib bagi yang mampu. Firman Allah:

وَلِلَّهِ عَلَى ٱلنَّاسِ حِجُّ ٱلْبَيْتِ مَنِ ٱسْتَطَا عَ إِلَيْهِ سَبِيلًۭا ۚ

“Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah.”

1 KOMENTAR

  1. Assalamu’alaikum,
    Menurut berita yang beredar, sidang isbath, 1 dzulhijah jatuh hari Senin 13 Agustus 2018. Mohon infonya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.