Empat Syarat Wajib Zakat Hewan Ternak

2
4669

BincangSyariah.Com – Hewan ternak termasuk harta yang wajib dizakati oleh pemiliknya jika kepemilikannya atas hewan ternak tersebut telah memenuhi kriteria yang ditentukan. Adapun hewan ternak yang wajib dizakati, di antaranya : unta, sapi dan kambing. Setidaknya terdapat empat syarat yang mewajibkan seseorang untuk mengeluarkan zakat atas hewan ternaknya, yaitu sebagaimana berikut:

Pertama, Ternak tersebut ingin diambil susu, ingin dikembangbiakkan dan diambil minyaknya. Jadi, ternak tersebut tidak dipekerjakan untuk membajak sawah, mengairi sawah, memikul barang atau pekerjaan semacamnya. Jika ternak diperlakukan untuk bekerja, maka tidak ada zakat hewan ternak.

Kedua, Ternak tersebut adalah sa-imah yaitu digembalakan di padang rumput yang mubah selama setahun atau mayoritas bulan dalam setahun. Yang dimaksud padang rumput yang mubah adalah padang rumput yang tumbuh dengan sendirinya atas kehendak Allah dan bukan dari hasil usaha manusia.

Ketiga, Telah mencapai nishob, yaitu kadar minimal dikenai zakat sebagaimana akan dijelaskan dalam tabel. Syarat ini sebagaimana berlaku umum dalam zakat.

Keempat. Memenuhi syarat haul yaitu jumlah hewan ternak bertahan di atas nishob selama setahun.

Adapun jika hewan ternak diperlakukan untuk bekerja seperti membajak dan membawa barang maka zakat yang dikeluarkan nanti atas perhitungan upah yang diperoleh dari memperkerjakan hewan tersebut. Sedangkan jika hewan ternak diperuntukkan untuk komoditas perdagangan atau dijual belikan maka zakat yang diwajibkan atasnya adalah berdasarkan ketentuan zakat harta perdagangan.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here