Ini Empat Hal yang Disunnahkan Ketika Mengusap Kepala Saat Wudhu

1
1732

BincangSyariah.Com – Mengusap kepala merupakan bagian dari fardhu wudhu. Wudhu tidak sah tanpa mengusap kepala. Menurut ulama Syafiiyah, mengusap kepala cukup dengan hanya mengusap sebagian kepala saja, bukan seluruhnya. Namun demikian, agar mengusap kepala lebih sempurna, maka harus dilengkapi dengan melakukan hal-hal yang disunnahkan saat mengusap kepala. Dalam kitab Al-Taqriratus Sadidah, Hasan bin Ahmad bin Muhammad Al-Kaf menyebutkan bahwa ada empat hal yang disunnahkan ketika mengusap kepala saat wudhu.

Pertama, mengusap seluruh kepala. Caranya adalah membasahi kedua tangan dengan air, lalu diletakkan di depan kepala, lalu diusapkan dimulai dari depan kepala sampai di tengkuk, kemudian kembali lagi ke depan sampat tempat semula.

Pada saat mengusap kepala, dianjurkan untuk sambil membaca doa berikut;

اللَّهُمَّ غَشِّنِيْ بِرَحْمَتِكَ وَاَنْزِلْ عَلَيَّ مِنْ بَرَكَاتِكَ وَأَظِلَّنِيْ تَحْتَ عَرْشِكَ يَوْمَ لَا ظِلَّ إلَّا ظِلُّكَ اللَّهُمَّ حَرِّمْ شَعْرِيْ وَبَشَرِيْ عَلَى النَّارِ

Allohumma ghasysyinii birohmatika wa anzil ‘alayya min barokaatika wa adzillanii tahta ‘arsyika yauma laa dzilla illaa dzilluka. Allohumma harrim sya’rii wa basyarii ‘alan naari.

Ya Allah, payungi aku dengan rahmat-Mu, turunkan padaku sebagian berkah-Mu, dan naungi aku dengan naungan singgasana-Mu pada hari ketika tidak ada naungan selain naungan dari-Mu. Ya Allah, halangi rambut dan kulitku dari sentuhan api neraka.

Kedua, mengusap kepala dilanjutkan dengan mengusap kedua telinga tanpa mengambil air yang baru. Hal ini berdasarkah hadis riwayat Imam Abu Daud dari Abu Umamah, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

الأُذُنَانِ مِنَ الرَّأْسِ

Dua telinga adalah bagian dari kepala.

Berdasarkan hadis ini, maka Imam Al-Hadi, Al-Tsauri, dan Imam Abu Hanifah berpendapat bahwa telinga diusap dengan kepala dengan satu air, tanpa dipisah dengan mengambil air baru lagi.

Baca Juga :  Keutamaan Bersalaman Ketika Saling Jumpa

Ketiga, muwalah atau berturut-turut dan segera mengusap kepala setelah membasuh kedua tangan.

Keempat, mengusap kepala sebanyak tiga kali.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here