Empat Macam Kewajiban bagi Orang yang Tidak Puasa di Bulan Ramadhan

0
126

BincangSyariah.Com – Orang yang tidak melakukan puasa di bulan Ramadhan, maka dia memiliki kewajiban tertentu yang harus dilakukan sebagai gantinya. Dalam hal ini, ada empat macam kewajiban bagi orang yang tidak berpuasa di bulan Ramadhan.

Pertama, wajib qadha sekaligus wajib membayar fidyah. Yang memiliki kewajiban ini ada dua orang; yaitu 1) orang yang tidak berpuasa karena khawatir atas keselamatan orang lain. Misalnya, ibu menyusui yang tidak berpuasa karena khawatir terhadap keselamatan anaknya. 2) orang yang tidak berpuasa di bulan Ramadhan dan tidak mengqadhanya hingga tiba bulan Ramadhan berikutnya.

Kedua, wajib mengqadha namun tidak wajib membayar fidyah. Yang termasuk dalam kategori ini banyak, seperti orang pingsan, mabuk, dan lainnya.

Ketiga, tidak wajib qadha namun wajib membayar fidyah. Misalnya orang tua renta yang sudah tidak mampu lagi berpuasa. Atau orang sakit menahun yang sudah tidak bisa diharapkan bisa sehat dan sembuh kembali.

Keempat, tidak wajib qadha dan tidak wajib membayar fidyah. Yaitu orang gila.

Penjelasan di atas sebagaimana disebutkan dalam kitab Safinatun Najah berikut;

وأقسام الإفطار أربعة: ما يلزم فية القضاء والفدية وهو اثنان : الأول الإفطار لخوف على غيرة، والثاني الإفطار مع تأخير قضاء مع إمكانه حتى يأتي رمضان آخر، وثانيها مايلزم فية القضاء دون الفدية وهو يكثر كمغمى علية، وثالثهما ما يلزم فيه الفدية دون القضاء وهوشيخ كبير، ورابعها لا ولا وهو المجنون الذي لم يتعد بجنونه

Macam-macam ifthar (tidak berpuasa) ada empat; Pertama, puasa yang wajib diqadha serta membayar fidyah. Ini ada dua; 1) tidak berpuasa karena khawatir atas orang lain, 2) tidak berpuasa serta terlambat mengqadhanya hingga tiba Ramadhan berikutnya. Kedua, puasa yang wajib qadha dan tidak wajib membayar fidyah. Ini banyak, seperti orang pingsan. Ketiga, puasa yang wajib membayar fidyah dan tidak wajib qadha, yaitu orang tau renta. Keempat, tidak wajib qadha dan tidak wajib fidyah, yaitu orang gila yang gilanya tidak disengaja.

Baca Juga :  Banyak Puasa, Diantara Cara Nabi Menyambut Bulan Sya'ban

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here