Empat Hikmah Syariat Bersuci dalam Islam

0
2943

BincangSyariah.Com – Bersuci adalah aktifitas sehari-hari umat Islam. Betapa tidak ia menjadi syarat mutlak sebelum menunaikan ibadah shalat. Berikut ini adalah empat hikmah di balik disyariatkannya bersuci di dalam Islam. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al Fiqh Al Manhaji Ala Madzhab Al Imam Al Syafii.

Pertama, bersuci merupakan dorongan fitrah manusia. Di mana manusia dengan fitrahnya tersebut pasti akan condong pada kebersihan. Dan ia akan menghindar dari hal-hal yang kotor serta menjijikkan. Maka, Islam juga agama fitrah yang memerintahkan (umatnya) untuk bersuci dan menjaga kebersihan (sesuai fitrah manusia itu sendiri).

Kedua, menjaga kemuliaan umat Islam. Di mana watak manusia itu pasti condong pada kebersihan, senang berkumpul dan duduk-duduk (dengan kawannya) di tempat yang bersih. Sebaliknya, mereka pun tidak suka, meremehkan dan menghindari tempat yang kotor. Sehingga mereka tidak suka duduk-duduk (bersama kawannya) di tempat yang kotor. Oleh karena itu, Islam menjaga kemuliaan umat Islam dengan memerintahkan kebersihan. Agar mereka dapat berkumpul dengan kawan-kawannya dengan secara terhormat dan mulia. Serta menghormati dan memuliakan kawan-kawannya itu (karena dalam keadaan suci dan bersih)

Ketiga, menjaga kesehatan. Kebersihan adalah salah satu faktor penting yang menjadi penyebab seseorang dapat terhindar dari penyakit. Karena banyak sekali penyakit itu menyerang manusia disebabkan karena kurang menjaga kebersihan.

Oleh karena itu, dengan membersihan badan, membasuh wajah, kedua tangan, hidung, dan kedua kaki dapat menjaga dari segala penyakit. Di mana anggota-anggota tubuh tersebut sangat rentan terkena kotoran setiap waktunya. Maka, betapa bersihnya umat Islam yang selalu membersihkan anggota-anggota tubuh rentan kotor tersebut berkali-kali setiap harinya.

Keempat, menghadap Allah swt. dalam keadaan suci dan bersih. Manusia pastinya di dalam shalat akan berkomunikasi dan bermunajat kepada Tuhannya. Maka, sepatutnya ia telah dalam keadaan suci dhahir dan batinnya, dan bersih hati dan badannya. Karena Allah swt menyukai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang menyucikan diri.

Baca Juga :  Apa itu Bersuci?

Demikianlah empat hikmah disyariatkannya bersuci di dalam Islam.  Wa Allahu A’lam bis Shawab.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here