Dua Surah Ini Dianjurkan untuk Dibaca Saat Kita Shalat Shubuh di Hari Jumat

4
10573

BincangSyariah.Com – Dalam Islam, malam dan hari Jumat merupakan waktu istimewa. Pada malam dan hari tersebut, Nabi saw telah memerintahkan dan mencontohkan banyak amalan kepada kita agar dikerjakan dengan penuh kesungguhan dan khusyuk. Mulai dari perintah untuk membaca surah Yasin, memperbanyak membaca shalawat dan salam kepadanya, sedekah, dan shalat Shubuh secara berjamaah di hari Jumat.

Bahkan mengenai melaksanakan shalat Shubuh ini, Nabi saw pernah menyebutkan bahwa pahalanya sangat besar di sisi Allah. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis riwayat Imam al-Baihaqi dari Ibnu Umar, bahwa Nabi saw berkata;

إِنَّ أَفْضَلَ الصَّلَوَاتِ عِنْدَ اللهِ صَلاَةُ الصُّبْحِ يَوْمَ اْلجُمْعَةِ فِيْ جَمَاعَةٍ

“Sesungguhnya shalat yang paling utama di sisi Allah adalah shalat Subuh pada hari Jumat secara berjamaah.”

Selain itu, pada saat melaksanakan shalat Shubuh di hari Jumat, baik shalat sendirian maupun shalat secara berjamaah, ada dua surah khusus yang disunahkan untuk kita baca, yaitu surah al-Sajdah pada rakaat pertama dan surah al-Insan pada rakaat kedua.

Kedua surah ini biasa dibaca oleh Nabi saw ketika shalat Shubuh di hari Jumat saat beliau berjamaah bersama para sahabat. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah, dia berkata;

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَقْرَأُ فِى الصُّبْحِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ بِ (الم تَنْزِيلُ) فِى الرَّكْعَةِ الأُولَى وَفِى الثَّانِيَةِ :هَلْ أَتَى عَلَى الإِنْسَانِ حِينٌ مِنَ الدَّهْرِ لَمْ يَكُنْ شَيْئًا مَذْكُورًا

“Sesungguhnya Nabi saw biasa membaca pada shalat Shubuh di hari Jumat dengan alif lam mim tanzil (surah al-Sajdah) pada rakaat pertama. Sedangkan pada rakaat kedua membaca hal ata alal insani hinum minad dahri lam yakun syai’an madzkura (surat al-Insan).”

Sebagaimana disebutkan di atas, surah ini dianjurkan untuk dibaca baik bagi orang yang shalat sendirian atau imam shalat Subuh berjamaah. Namun bila tidak memungkinkan, seperti karena tidak hafal atau makmum tidak suka dengan bacaan surah panjang, maka boleh diganti dengan surah yang lain.

100%

4 KOMENTAR

  1. Benarkah pada malam/hari Jumat dianjurkan baca surah Yasin. Yang pasti Rasululloh justru menganjurkan baca surah Al-Kahfi di mala/hari Jumat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here