Dua Surah Ini Dianjurkan Dibaca Ketika Shalat Tahiyatul Masjid

2
424

BincangSyariah.Com – Dalam Islam, ketika kita masuk masjid, kita dianjurkan untuk melakukan shalat sunnah Tahiyatul Masjid dua rakaat sebelum kita duduk. Selain bertujuan untuk menghormati masjid, tentunya shalat sunnah Tahiyatul Masjid juga bertujuan beribadah kepada Allah. (Baca: Hukum Melaksanakan Shalat Tahiyatul Masjid Ketika Muadzin Sedang Adzan)

Menurut para ulama, melakukan shalat sunnah Tahiyatul Masjid ketika masjid adalah sunnah muakkad, atau sunnah yang sangat dianjurkan sekali. Hal ini karena Nabi Saw selalu menganjurkan kepada para sahabatnya yang baru masuk masjid untuk melakukan shalat sunnah terlebih dahulu sebelum duduk. Disebutkan dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim, Nabi Saw bersabda;

إذا دخل أحدكم المسجد فليكع ركعتين قبل أن يجلس

Jika salah seorang dari kalian masuk masjid, hendaklah shalat dua rakaat sebelum duduk.

Berdasarkan hadis ini, para ulama sangat menganjurkan untuk melakukan shalat sunnah Tahiyatul Masjid ketika kita masuk masjid. Bahkan menurut Syaikh Zainuddin Al-Malibari, meskipun masuk masjid berkali-kali, kita tetap dianjurkan melakukan shalat Tahiyatul Masjid setiap kali kita masuk masjid. Beliau berkata dalam kitab Fathul Muin sebagai berikut;

ويسن ركعتا تحية لداخل مسجد وإن تكرر دخوله أو لم يرد الجلوس

Disunnahkan shalat Tahiyatul Masjid bagi orang yang masuk masjid, meskipun masuknya berulang-ulang atau dia tidak berniat duduk.

Selain itu, pada saat kita melaksanakan shalat sunnah Tahiyatul Masjid, kita dianjurkan untuk membaca surah Al-Quran setelah membaca surah Al-Fatihah. Boleh membaca surah apa saja dari surah-surah Al-Quran. Hanya saja, menurut para ulama, terdapat dua surah yang sangat dianjurkan untuk dibaca ketika melaksanakan shalat Tahiyatul Masjid, yaitu surah Al-Kafirun dan surah Al-Ikhlas.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Bujairimi ‘ala Al-Khatib berikut;

وان يقرأ في اول ركعتي الفجر والمغرب والاستخارة وتحية المسجد قل يا ايها الكافرون وفي الثانية الاخلاص

Dan hendaknya seseorang membaca surah Al-Kafirun pada rakaat pertama shalat sunnah fajar, shalat sunnah Maghrib, shalat sunnah Istikharah, shalat sunnah Tahiyatul Masji, dan membaca surah Al-Ikhlas pada rakaat kedua.

100%

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here