Doa Setelah Wudhu dan Adzan Bersamaan, Mana yang Didahulukan?

0
34

BincangSyariah.Com – Keutamaan shalat berjamaah melebihi dua puluh tujuh derajat daripada shalat sendirian. Untuk mengejar itu, terkadang kita langsung siap-siap berwudhu ketika adzan sedang berlangsung. Tak jarang, selesai berwudhu berbarengan dengan usainya kumandang adzan. Di saat yang bersamaan ini ada dua kesunnahan doa yang berbarengan. Lalu doa setelah wudhu yang didahulukan? Atau doa setelah adzan dahulu?atau bagaimana seharusnya? Mari simak penjelasan berikut.

Antara doa setelah wudhu dan adzan sejatinya memiliki dua tujuan doa. Pertama mendoakan Nabi, dan yang kedua mendoakan diri sendiri. doa setelah adzan merupakan doa untuk Nabi Muhammad saw., sementara doa setelah berwudhu adalah doa yang bertujuan pada diri sendiri.

Doa setelah adzan mendoakan nabi agar memperoleh keutamaan-keutamaan yang telah dijanjikan oleh Allah swt.

اَللّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ اَتِي سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا اْلوَصِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَةَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَاْبعَثْهُ الْمَقَامَ المَحْمُوْدَ الَّذِيَ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لَاتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Allahumma robba hadzihid da’watit taammah aati sayyidanaa muhammadanil washiilata wal fadliilah wasy syarafa wad darojatal ‘aaliyatar rofii’ah wab’atshul maqoomal mahmuudanil ladzii wa’attah innaka laa tukhliful mii’aad

“Wahai tuhan pemilik seruan yang sempurna, dan shalat yang hendak didirikan ini. Berikanlah Nabi Muhammad saw wasilah, keutamaan, kemuliaan, dan derajat yang tinggi. Serta berilah beliau tempat yang terpuji yang telah Kau janjikan, sesunggungnya Engkau tidak pernah mengingkari janji”.

Sementara itu, doa setelah wudhu merupakan doa kepada diri sendiri agar senantiasa dijadikan orang yang bertaubat, bersesuci, dan menjadi orang yang baik.

اَشْهَدُ اَنْ لَااِلَهَ اِلَّاالله وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اَللَّهُمَّ اْجعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاْجعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَاْجعَلْنِيْ مِنَ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu allaailaaha illallaah wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu warosuuluhu allahummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohiriina waj’alnii min ‘ibaadikash shoolihiin

“Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah, dan bersaksi bahwa Nabi Muhammad saw. adalah hamba dan utusan Allah, wahai Allah masukkanlah aku pada golongan orang yang bertaubat, orang yang bersesuci, dan masukkanlah aku pada golongan hamba-Mu yang shaleh”.

Menyikapi peristiwa ini, dalam Fath al-Mu’in terdapat kutipan fatwa al-Bulqini, bahwa doa tersebut bisa dilakukan dengan dua cara dengan alasannya.

Pertama, dia berdoa wudhu duluan, karena wudhu ketika itu adalah perilaku yang baru saja dia lakukan. Kedua, dan yang diangagap baik, membaca syahadat yang terdapat pada doa whudlu’ terlebih dahulu, lalu beralih pada doa adzan, kemudian melanjutkan doa wudhu yang tadinya disela-selai doa adzan, karena doa adzan ini berkaitan dengan Nabi Muhammad saw. sehingga didahulukan dari doa wudhu yang berkaitan dengan diri sendiri.

Lebih jelasnya, susunan cara yang kedua seperti berikut ini:

اَشْهَدُ اَنْ لَااِلَهَ اِلَّاالله وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اَللّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ اَتِي سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا اْلوَصِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَةَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَاْبعَثْهُ الْمَقَامَ المَحْمُوْدَ الَّذِيَ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لَاتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ. اَللَّهُمَّ اْجعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاْجعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَاْجعَلْنِيْ مِنَ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu allaailaaha illallaah wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu warosuuluhu, Allahumma robba hadzihid da’watit taammah aati sayyidanaa muhammadanil washiilata wal fadliilah wasy syarafa wad darojatal ‘aaliyatar rofii’ah wab’atshul maqoomal mahmuudanil ladzii wa’attah innaka laa tukhliful mii’aad, allahummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohiriina waj’alnii min ‘ibaadikash shoolihiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here